KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Senin, 22 Desember 2014

RPP FIKIH KURIKULUM 2013 MA SMT 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : ...............
Kelas/Semester    : X / I
Mata Pelajaran     : Fikih
  Topik                   : - Qurban
  - Aqiqah
Pertemuan ke-     : 9-14
Aloksai waktu     : 10 X 45 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPENTENSI DASAR
1.5  Menganalisis tata cara pelaksanaan kurban dan akikahserta hikmahnya
4.5 Mendemontrasikan pelaksanaan kurban dan akikah sesuai syariat

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.5.1         Menjelaskan tata cara pelaksanaan kurban
1.5.2         Menjelaskan tata cara pelaksanaan aqiqah
1.5.3         Menjelaskan hikmah qurban
3.5.4    Menjelaskan hikmah aqiqah
1.5.1          Mempraktikkan cara pelaksanaan kurban
1.5.2          Mempraktikkan cara pelaksanaan aqiqah

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.      Menjelaskan tata cara pelaksanaan kurban
2.      Menjelaskan tata cara pelaksanaan aqiqah
3.      Menjelaskan hikmah qurban
4.      Menjelaskan hikmah aqiqah
5.      Mempraktikkan cara pelaksanaan kurban
6.      Mempraktikkan cara pelaksanaan aqiqah

E.     MATERI POKOK
- Qurban
- Aqiqah

F.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan: Saintifik
2.      Strategi      : CooperativeJigsaw
3.      Metode      : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

2.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DISKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tanya jawab materi sebelumnya mengenai pokok-pokok isi Al Qur’an

10 Menit
Inti
Mengamati

ü  mengamati tayangan slide tentang qurban dan akikah
ü  membaca membaca buku ajar tentang qurban dan akikah



Menanya

ü  memberikan tanggapan hasil tayangan tentang qurban dan akikah
ü  memberikan tanggapan tentang ketentuan dan syarat binatang yang boleh dijadikan qurban dan akikah

Eksplorasi/eksperimen

ü  Menggali informasi tentang qurban dan akikah

Mengasosiasi
ü  merumuskan pengertian qurban dan akikah
          serta ketentuan dan syarat binatang yang        boleh dijadikan qurban dan akikah
ü  Membandingkan antara tata cara pelaksanaan kurban dan akikah

Mengkomunikasikan

ü  Memaparkan secara bergantian, tentang konsep fikih dalam Islam
ü  Mendemntrasikan tata cara pelaksanaan kurban dan akikah
60 menit
Penutup
·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi pokok-pokok isi Al Quran
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Mengucapkan salam

20 menit


3.      SUMBER DAN ALAT BELAJAR

Buku Pedoman Guru Mapel Al-Quran Hadis MA
Buku Pegangan Siswa Mapel Al-Quran Hadis MA Al-Quran dan Terjamahanya
Buku Penunjang Lainnya Yang

4.      PENILAIAN
a.    Tes
                       1.          Uraian
                       2.          Pilihan Ganda

b.    Non Tes
1.         Lembar pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2.         Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.         Lembar pengamatan sikap (terlampir )


Mengetahui,
Kepala MA ...............................


( ........................................)
NIP. ...................................

Klaten,  .......................... 20......
Guru mapel Fikih


( ................................. )
NIP. ............................

Tidak ada komentar: