RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
...............
Kelas/Semester :
X / I
Mata Pelajaran :
Fikih
Topik : - Qurban
- Aqiqah
Pertemuan ke- :
9-14
Aloksai waktu :
10 X 45 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPENTENSI DASAR
1.5 Menganalisis tata cara pelaksanaan kurban dan akikahserta hikmahnya
4.5 Mendemontrasikan pelaksanaan kurban dan
akikah sesuai syariat
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.5.1
Menjelaskan tata
cara pelaksanaan
kurban
1.5.2
Menjelaskan tata
cara pelaksanaan
aqiqah
1.5.3
Menjelaskan hikmah qurban
3.5.4 Menjelaskan hikmah aqiqah
1.5.1
Mempraktikkan cara pelaksanaan
kurban
1.5.2
Mempraktikkan
cara pelaksanaan
aqiqah
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.
Menjelaskan tata cara pelaksanaan
kurban
2.
Menjelaskan tata cara pelaksanaan
aqiqah
3.
Menjelaskan hikmah qurban
4.
Menjelaskan hikmah aqiqah
5.
Mempraktikkan cara pelaksanaan
kurban
6.
Mempraktikkan cara pelaksanaan
aqiqah
E.
MATERI POKOK
- Qurban
- Aqiqah
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: Saintifik
2. Strategi : CooperativeJigsaw
3.
Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
2. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya mengenai pokok-pokok
isi Al Qur’an
|
10
Menit
|
Inti
|
Mengamati
ü mengamati tayangan slide tentang qurban dan akikah
ü membaca membaca buku ajar tentang qurban dan akikah
Menanya
ü memberikan tanggapan hasil tayangan tentang qurban dan
akikah
ü memberikan tanggapan tentang
ketentuan dan syarat binatang
yang boleh dijadikan qurban dan
akikah
Eksplorasi/eksperimen
ü Menggali informasi tentang qurban dan akikah
Mengasosiasi
ü merumuskan pengertian qurban dan akikah
serta ketentuan dan syarat
binatang yang boleh dijadikan qurban dan akikah
ü Membandingkan antara tata cara
pelaksanaan kurban dan akikah
Mengkomunikasikan
ü Memaparkan secara bergantian, tentang konsep fikih dalam
Islam
ü Mendemntrasikan tata cara
pelaksanaan kurban dan akikah
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi pokok-pokok isi Al Quran
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
20
menit
|
3. SUMBER
DAN ALAT BELAJAR
• Buku Pedoman Guru Mapel
Al-Qur’an Hadis MA
• Buku Pegangan Siswa Mapel Al-Qur’an
Hadis MA Al-Qur’an dan Terjamahanya
• Buku Penunjang Lainnya Yang
4. PENILAIAN
a.
Tes
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
b.
Non Tes
1.
Lembar pengamatan kerja kelompok
(terlampir)
2.
Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.
Lembar pengamatan sikap (terlampir )
Mengetahui,
Kepala MA
...............................
( ........................................)
NIP. ...................................
|
Klaten, .......................... 20......
Guru mapel Fikih
(
................................. )
NIP. ............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar