RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
...............
Kelas/Semester :
XII/1
Mata Pelajaran :
FIKIH
Topik :
Siyasah Syar’iyah
Pertemuan ke- :
1-2
Aloksai waktu :
4 X 45 Menit
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural , dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Menghayati konsep khilwfah
dalam Islam
2.1
Memiliki perilaku jujur, disiplin, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari materi khilwfah
3.1 Menelaah ketentuan Islam tentang
pemerintahan (khilwfah)
4.1
Menyajikan contoh penerapan dasar-dasar khilwfah.
Indikator
:
1.
Memiliki sikap pemahaman yang utuh terhadap pemahaman
konsep khilwfah (pemerintahan) yang benar
2.
Memiliki sikap perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab
ketika mengerjakan tugas atau diskusi
3.
Memiliki sikap perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab
diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari
4.
Menjelaskan pengertian khilwfah
sebagai salah satu bentuk pemerintahan
5.
Menyebutkan tujuan khilwfah (pemerintahan)
6.
Menjelaskan contoh 5 dasar khilwfah sebagai salah satu bentuk pemerintahan
7.
Menjelaskan hikmah khilwfah
pemerintahan
8.
Menerapkan pelajaran yang dapat diambil dari konsep
khilafah pemerintahan.
C.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik mampu:
1.
Melalui diskusi siswa dapat merumuskan arti khilafah (pemerintahan)
dengan tepat
2.
Melalui penggalian informasi siswa dapat menjelaskan tujuan khilwfah
(pemerintahan)
3.
Dengan tanya jawab siswa dapat memberi contoh penerapan 5 dasar khilwfah
dalam pelaksanaan kepemerintahan
4.
Setelah pembelajaran siswa dapat menjelaskan hikmah khilwfah
sesuai dengan konsep Islam dan pemerintahan pada umumnya dengan percaya diri
5.
Secara berpasangan dan kerja sama siswa dapat menjelaskan 5 dasar khilwfah dan
dasar kepemerintahan yang diterapkan di
Indonesia.
D. Materi Pembelajaran
1.
Khilafah: khilwfah berarti struktur pemerintah yang pelaksanaannya diatur
berdasarkan syariat Islam. khilwfah juga dapat disebut dengan Imamah 'Uzma atau Imarah
'Uzma. Pemegang kekuasaan khilwfah disebut Khalifah, pemegang
kekuasaan Imamah disebut Imam, dan pemegang kekuasaan Imarah disebut
Amir.
2.
Khalifah syaratnya:
a.
Beragama Islam.
b. Memiliki ilmu pengetahuan yang
cukup luas.
c. Mampu melakukan pengawasan
terhadap aparatur pemerintahan dalarn pelaksanaan hukum, peraturan dan
perundang-undangan yang berlaku.
d. Adil dalam arti luas, yang mampu
melaksanakan seluruh kewajiban dan menjauhi seluruh larang serta dapat
memelihara kehormatan dirinya.
e. Anggota badan dan panca inderanya
tidak cacat.
f. Dipilih oleh Ahlul Halli wal
Aqdi
3.
Majlis Syuro dan ahl
Halli wal’aqdi:
Majlis Syura menurut bahasa artinya tempat musyawarah, sedangkan
menurut istilah ialah lembaga permusyawaratan rakyat. Ahlul Halli Wal'aqdi ialah
anggota Majlis Syura sebagai wakil-wakil rakyat.
4.
Konsep khilwfah yang dikaitkan dalam pemerintahan modern, konsep khilwfah dalam pengertian ini bahwa penerapan pemerintahan dalam masa kini
memiliki berbagai pelaksanaan seperti pemerintahan yang menerapkan system
demokrasi, kerajaan dan lain. Hal ini memberi pengertian bahwa penerapan khilwfah tidak satu-satunya bentuk pemerintahan
5.
Hikmah yang dapat
diambil dari pemerintahan yang ditegakkan sesuai dengan aturan. Jika suatu
Negara bias menegakkan pelaksanaan pemerintahannya sesuai dengan aturan yang
telah disyahkan oleh sebuah Negara maka cita-cita untuk membentuk Negara yang
baldatun thoyibatun warabbun ghafur akan terwujud.
E. Media Pembelajaran
·
Media :
Multimedia interaktif/CD interaktif/video
F. Sumber Belajar
·
Al-Qur’an dan Hadits
·
Buku Guru dan Buku Siswa FIKIH kelas XII MA
·
Buku Pedoman Guru Mapel FIKIH Keagamaan Kelas XII MA, Kemenag RI, 2016
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
a.
Guru mengucapkan
salam dan berdoa bersama.
b.
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
c.
Guru menyapa peserta
didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
d.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
e.
Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa
tulisan manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar
dan mudah dilihat/dibaca), atau
dapat juga menggunakan
multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
f.
Model pengajaran alternative yang dapat digunakan dalam
pencapaian kompetensi ini adalah
bermain peran (role playing). Model pembelajaran ini
bertujuan untuk mengeksplorasi perasaan peserta didik, mentransfer, dan
mewujudkan pandangan mengenai perilaku, nilai dan persepsi peserta didik,
mengembangkan keterampilan (skill) pemecahan masalah dan tingkah laku,
dan mengeksplorasi materi pelajaran dalam cara yang berbeda.
|
10 menit
|
2.
|
Inti
a.
Guru meminta
peserta didik untuk
mencermati Qs.An-Nisa’ ayat 58-63 di kolom “Tadabbur”.
b.
Peserta didik
mengemukakan hasil pencermatan tersebut.
c.
Peserta didik
mengamati gambar yang ada pada kolom “Mengamati”.
d.
Peserta didik
mengemukakan isi gambar.
e.
Guru memberikan penjelasan tambahan dan
penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut.
f.
Peserta didik
membaca literatur tentang dasar-dasar khilafah
g.
Peserta didik
membuka al- Qur’an untuk menemukan dalil tentang dasar-dasar khilafah
h.
Peserta didik
menuliskan hasil temuannya di buku catatan mereka.
|
60 menit
|
3.
|
Penutup
Guru memberi
evaluasi, penguatan materi, dan mengajak berefleksi tentang salah satu materi
yaitu:
-
khilwfah yang dikaitkan dengan konteks
pemerintahan sekarang
-
Dasar-dasar khilwfah
-
Keterkaitan tugas ahl halli
walaqdi dalam upaya mensukseskan program pemerintah
Guru memberi tugas kepada
siswa untuk membuat kliping tentang pelaksanaan dasar khilwfah musyawaroh dan keadilan yang berkaitan dengan pelaksanaan di
Indonesia dan menjelaskan tentang konteks pemerintahan dan konteks fikih.
|
20 menit
|
UNTUK FILE LENGKAPNYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI 085228182296 ATAU 085868482296 DENGAN BP. SURATNO
Tidak ada komentar:
Posting Komentar