RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
...............
Kelas/Semester :
X / 2
Mata Pelajaran :
Al Hadits
Topik :
Pengertian Ilmu Hadis
Pertemuan ke- :
1-2
Aloksai waktu :
4 X 45 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPENTENSI DASAR
3.1.
Memahami kedudukan hadis dan fungsinya dalam menentukan hukum syar’i.
4.1. Menceritakan
fungsi dan kedudukan hadis dalam kehidupan sehari-hari.
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1. Menjelaskan kedudukan hadis dalam menentukan hukum syar’i
3.1.2.
Menerangkan fungsi hadis terhadap al-Qur’an
3.1.3.
Mengidentifikasi hadis sebagai ta’kid, takhshish, taqyid, bayan, terhadap
al-Qur’an.
3.1.4. Membandingkan fungsi dan kedudukan hadis
dalam menentukan hokum syar’i
4.1.1. Menunjukkan contoh hadis sebagai ta’kid,
takhshish, taqyid, bayan, terhadap al-Qur’an.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.
Menjelaskan kedudukan hadis dalam menentukan hukum syar’i
2.
Menerangkan fungsi hadis terhadap al-Qur’an
3.
Mengidentifikasi hadis sebagai ta’kid, takhshish,
taqyid, bayan, terhadap al-Qur’an.
4. Membandingkan fungsi dan
kedudukan hadis dalam menentukan hokum syar’i
5.
Menunjukkan contoh hadis sebagai ta’kid, takhshish,
taqyid, bayan, terhadap al-Qur’an.
E.
MATERI POKOK
Kedudukan hadis:
§ Dalil/bukti bahwa hadis sebagai sumber hukum Islam
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: Saintifik
2. Strategi : CooperativeJigsaw
3.
Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya
|
10
Menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati dalil-dalil yang membuktikan bahwa
hadis sebagai sumber hukum Islam
·
Menyimak dan mengamati fungsi hadis terhadap
al-Qur’an
·
Menyimak penjelasan tentang contoh-contoh fungsi hadis terhadap
al-Qur’an
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru
mengajukan pertanyaan tentang hadis yang dapat dijadikan sebagai
penjelas al-Qur’an
· Mengajukan pertanyaan mengenai jika hadis dan al-Qur’an bertentangan
Eksperimen/explore
· Secara berkelompok mencari hukum yang ditentukan oleh hadis
·
Diskusi tentang hadis-hadis yang dapat dijadikan
penafsir, pentakhsis, pentaqyid al-Qur’an
·
Secara berpasangan tanya jawab tentang fungsi
hadis terhadap al-Qur’an
Asosiasi
· Melakukan koreksi secara berkelompok terhadap hasil pencarian hukum
yang ditentukan oleh hadis
·
Menganalisis hadis penafsir, pentakhsis, pentaqyid
al-Qur’an
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan hukum yang terkandung dalam al-Qur’an yang ditakhsish, ditafsiri,
ditaqyidi oleh hadis
·
Menyajikan paparan hasil
pencarian hukum yang ditentukan oleh hadis
·
Menunjukkan / memaparkan
hasil diskusi tentang hadis-hadis
yang dapat dijadikan penafsir, pentakhsis, pentaqyid al-Qur’an
· Menanggapi paparan hasil diskusi
·
Menyusun kesimpulan tentang
kedudukan
dan fungsi hadis terhadap al-Qur’an
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi pembelajaran
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
·
Buku pedoman guru mapel Ilmu Hadis
·
Buku pedoman siswa mapel Ilmu Hadis
·
Kamus dunia Islam
·
Buku Sejarah Islam
·
Gambar/ video/ multimedia interaktif
·
Sumber Internet yang relevan dengan konten ajar
I.
PENILAIAN
a.
Tes
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
b.
Non Tes
1.
Lembar pengamatan kerja kelompok
(terlampir)
2.
Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.
Lembar pengamatan sikap (terlampir )
Mengetahui,
Kepala MA ...............................
(
........................................)
NIP. ...................................
|
Klaten, .......................... 20......
Guru mapel
(
................................. )
NIP. ............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar