Senin, 19 November 2012

RPP AKIDAH AKLAK MA BERKARAKTER

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]

NAMA MADRASAH
MATA PELAJARAN
KELAS / SEMESTER
ALOKASI WAKTU
PERTEMUAN KE-
:
:
:
:
:
M A ................
AQIDAH AKHLAK
X (Sepuluh) / GANJIL
2  Jam Pelajaran [ 1 X TM ]
1

A.      Standar Kompetensi     : 1. Memahami prinsip-prinsip dan metode peningkatan kualitas aqidah
B.       Pendidikan Karakter    : Gemar membaca, rasa ingin tahu, kerja keras, kreatif.

C.      Kompetansi Dasar         :           
1.1.     Menjelaskan prinsip-prinsip aqidah.

D.      Indikator Hasil Belajar:
§  Menjelaskan syahadat tauhid.
§  Menjelaskan kedudukan Islam sebagai satu-satunmya agama yang diridhai Allah.
§  Menguraikan kedudukan Al Qur’an sebagai kitab terakhir dan penyempurna kitab-kitab sebelumnya.
§  Menjelaskan kedudukan nabi Muhammad sebagai penutup para nabi dan rasul.
§  Menunjukkan rasa ingin tahu, gemar membaca, Mandiri, kreatif dan bertanggungjawab

E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu :
§  Menjelaskan syahadat tauhid.
§  Menjelaskan kedudukan Islam sebagai satu-satunmya agama yang diridhai Allah.
§  Menguraikan kedudukan Al Qur’an sebagai kitab terakhir dan penyempurna kitab-kitab sebelumnya.
§  Menjelaskan kedudukan nabi Muhammad sebagai penutup para nabi dan rasul.
§  Mengembangkan rasa ingin tahu,  Mandiri, kreatif dan bertanggungjawab

F.       Meteri Ajar
Prinsip-prinsip aqidah.

G.      MetodePembelajaran
§  Metode                 : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Penugasan.
§  Pendekatan           : Kontekstual
§  Model                   : Group Ressume

H.      Langkah-langkah  Pembelajaran
1.         Kegiatan Awal
·      Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas. ( religius)
·      Laporan dari ketua kelas tentang kehadiran siswa  ( disiplin )
·      Menggali informasi tentang prinsip-prinsip aqidah( rasa ingin tahu
·      Menyimak informasi tentang tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu )
2.         Kegiatan Inti
Ekplorasi
·      Kelas dibagi menjadi  4 kelompok  secara heterogen ( kerjasama )
·      Setiap kelompok membagi tugas  sebagai ketua, sekretaris, anggota ( tanggung jawab  )
·      Setiap anggota kelompok membaca sumber belajar dan referensi yang relevan dengan topik yang ditentukan (gemar membaca)
·      Masing-masing kelompok mendiskusikan topik yang sudah ditentukan (demokratis)
Kelompok I    : Menjelaskan syahadat tauhid.
Kelompok II   : Menjelaskan kedudukan Islam sebagai satu-satunmya agama yang diridhai Allah.
Kelompok III  : Menguraikan kedudukan Al Qur’an sebagai kitab terakhir dan penyempurna kitab-kitab sebelumnya.
Kelompok IV : Menjelaskan kedudukan nabi Muhammad sebagai penutup para nabi dan rasul.


Elaborasi
·      Hasil diskusi kelompok dibuat Resume/rangkuman untuk dipaparkan
( tanggung jawab )
·      Presentasi hasil diskusi kelompok dengan cara dibacakan di depan forum diskusi kelas ( tanggung jawab )
·      Kelompok lain memberikan tanggapan baik berupa pertanyaan, penambahan, maupun sanggahan. ( kritis )
·      Kelompok yang presentasi memberikan respon atau jawaban atas tanggapan dari kelompok lain (lapang dada)
·      Presentasi dilakukan secara bergantian menurut urutan kelompok (disiplin)
Konfirmasi
·      Menyempurnakan hasil diskusi kelompok yang masih belum benar dengan menerima masukan dari kelompok lain dan guru (kerja keras)
·      Penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang sudah benar melalui umpan balik dari guru (menghargai prestasi)
3.     Kegiatan Akhir
·      Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan (menghargai prestasi)
·      Merumuskan kesimpulan hasil pembelajaran (cermat)
·      Memperhatikan dan mencatat penjelasan/informasi yang harus dilakukan sebagai tindak lanjut (rasa ingin tahu)
I.     Sumber Belajar/ Bahan/media/alat pembelajaran 
Ø Sumber belajar : 
1.    Buku Aqidah Akhlak Kurikulum 2008, PT. Karya Toha putra.
2.    Buku Ajar yang diterbitkan Kamenag Prop. Jawa Tengah.
3.    Modul Aqidah Akhlak, Al-Hikmah Forum Guru PAI,
4.    Buku referensi yang sesuai dengan materi yang diajarkan.

Ø  Media/alat pembelajaran :
·      Laptop dan LCD
J.    Penilaian
Teknik Penilaian : 1. Tes untuk mengukur hasil belajar
                              2. Non-tes yaitu melalui pengamatan terhadap perilaku belajar
                                  Siswa selama pembelajaran

Bentuk Instrumen : 1. Tes-tertulis, Uraian
                                2. lembar pengamatan

Kisi-kisi Penilaian :

Instrumen Penilaian :
a.         Apa yang dimaksud dengan syahadat tauhid ?
b.        Jelaskan kedudukan Islam diantara agama-agama samawi yang lain !

Kunci jawaban (untuk soal Pilihan Ganda) :
Terlampir

       
.................,         Juni 2012.
     
Mengetahui
Kepala Madrasah



Drs. H. Cholid Trenggono, M.Pd.
NIP.  19580612 198603 1 003
Penyusun
Guru Mata pelajaran



………………………………..
NIP.  ……………………………








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
[RPP]

NAMA MADRASAH
MATA PELAJARAN
KELAS / SEMESTER
ALOKASI WAKTU
PERTEMUAN KE-
:
:
:
:
:
M A ................
AQIDAH AKHLAK
X (Sepuluh) / GANJIL
2  Jam Pelajaran [ 1 X TM ]
2

A.       Standar Kompetensi     : 1. Memahami prinsip-prinsip dan metode peningkatan kualitas aqidah
B.       Pendidikan Karakter    : Gemar membaca, rasa ingin tahu, kerja keras, kreatif.

C.       Kompetansi Dasar         :           
1.2.     Menjelaskan metode-metode peningkatan kualitas aqidah.

D.       Indikator Hasil Belajar:
§  Menerangkan metode peningkatan aqidah melalui doktrin.
§  Menerangkan metode peningkatan aqidah melalui hikmah
§  Menerangkan metode peningkatan aqidah melalui kosmologi
§  Menerangkan metode peningkatan aqidah melalui pendekatan ilmiah.
§  Menunjukkan rasa ingin tahu, gemar membaca, Mandiri, kreatif dan bertanggungjawab

E.       Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu :
§  Menerangkan metode peningkatan aqidah melalui doktrin.
§  Menerangkan metode peningkatan aqidah melalui hikmah
§  Menerangkan metode peningkatan aqidah melalui kosmologi
§  Menerangkan metode peningkatan aqidah melalui pendekatan ilmiah.
§  Mengembangkan rasa ingin tahu,  Mandiri, kreatif dan bertanggungjawab

F.        Meteri Ajar
Macam-macam metode peningkatan aqidah

G.      MetodePembelajaran
§  Metode                 : Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Penugasan.
§  Pendekatan           : Kontekstual
§  Model                   : Group Ressume

 
H.    Langkah-langkah  Pembelajaran
1.                            Kegiatan Awal
·      Memulai pembelajaran dengan berdo’a dipimpin oleh ketua kelas. ( religius)
·      Laporan dari ketua kelas tentang kehadiran siswa  ( disiplin )
·      Menggali informasi tentang prinsip-prinsip aqidah( rasa ingin tahu
·      Menyimak informasi tentang tujuan pembelajaran ( rasa ingin tahu )
2.    Kegiatan Inti
Ekplorasi
·      Kelas dibagi menjadi  4 kelompok  secara heterogen ( kerjasama )
·      Setiap kelompok membagi tugas  sebagai ketua, sekretaris, anggota ( tanggung jawab  )
·      Setiap anggota kelompok membaca sumber belajar dan referensi yang relevan dengan topik yang ditentukan (gemar membaca)
·      Masing-masing kelompok mendiskusikan topik yang sudah ditentukan (demokratis)
Kelompok I    : Menerangkan metode peningkatan aqidah melalui doktrin.
Kelompok II   : Menerangkan metode peningkatan aqidah melalui hikmah
Kelompok III  : Menerangkan metode peningkatan aqidah melalui kosmologi
Kelompok IV : Menerangkan metode peningkatan aqidah melalui pendekatan ilmiah





Elaborasi
·      Hasil diskusi kelompok dibuat Resume/rangkuman untuk dipaparkan
( tanggung jawab )
·      Presentasi hasil diskusi kelompok dengan cara dibacakan di depan forum diskusi kelas ( tanggung jawab )
·      Kelompok lain memberikan tanggapan baik berupa pertanyaan, penambahan, maupun sanggahan. ( kritis )
·      Kelompok yang presentasi memberikan respon atau jawaban atas tanggapan dari kelompok lain (lapang dada)
·      Presentasi dilakukan secara bergantian menurut urutan kelompok (disiplin)
Konfirmasi
·      Menyempurnakan hasil diskusi kelompok yang masih belum benar dengan menerima masukan dari kelompok lain dan guru (kerja keras)
·      Penguatan terhadap hasil diskusi kelompok yang sudah benar melalui umpan balik dari guru (menghargai prestasi)
3.    Kegiatan Akhir
·      Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan (menghargai prestasi)
·      Merumuskan kesimpulan hasil pembelajaran (cermat)
·      Memperhatikan dan mencatat penjelasan/informasi yang harus dilakukan sebagai tindak lanjut (rasa ingin tahu)
I.     Sumber Belajar/ Bahan/media/alat pembelajaran 
Ø Sumber belajar : 
1.    Buku Aqidah Akhlak Kurikulum 2008, PT. Karya Toha putra.
2.    Buku Ajar yang diterbitkan Kamenag Prop. Jawa Tengah.
3.    Modul Aqidah Akhlak, Al-Hikmah Forum Guru PAI,
4.    Buku referensi yang sesuai dengan materi yang diajarkan.

Ø  Media/alat pembelajaran :
·      Laptop dan LCD
J.    Penilaian
Teknik Penilaian : 1. Tes untuk mengukur hasil belajar
                              2. Non-tes yaitu melalui pengamatan terhadap perilaku belajar
                                  Siswa selama pembelajaran

Bentuk Instrumen : 1. Tes-tertulis, Uraian
                                2. lembar pengamatan

Kisi-kisi Penilaian :

Instrumen Penilaian :
·  Jelaskan  cara peningkatan aqidah melalui hikmah !
·  Jelaskan  cara peningkatan aqidah melalui hikmah !

Kunci jawaban (untuk soal Pilihan Ganda) :
Terlampir
       
.................,         Juni 2012.
     
Mengetahui
Kepala Madrasah



Drs. H. Cholid Trenggono, M.Pd.
NIP.  19580612 198603 1 003
Penyusun
Guru Mata pelajaran



.................................................
NIP.  .......................................


 JIKA MENGHENDAKI PERANGKAT INI SECARA LENGKAP HUBUNGI KAMI DI 085868482296 ATAU 085228182296


1 komentar:

septiani nindut mengatakan...

kelas XII gak ada ya??