RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
...............
Kelas/Semester :
XII/1
Mata Pelajaran :
Al Qur’an Hadits
Topik : Membudayakan Hidup Sederhana Dan Menyantuni Dlu`Afâ’
Pertemuan ke- :
1-2
Aloksai waktu :
4 X 45 Menit
A. Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural , dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara
efektif dan kreatif, mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1 Mengamalkan pola hidup sederhana dan gemar menyantuni dlu`afâ`
1.2 Menunjukkan perilaku hidup sederhana dan gemar menyantuni dlu`afâ` sebagai
implementasi dari pemahaman
Surah al-Furqân [25]: 67, al-Isrâ’[17]: 26–27, 29–30, al-Qashash [28]: 79–82; Surah al-Baqarah[2]:
177, Surah
al-Mâ‘ûn [10]:
1–7 dan
hadits riwayat Ibnu
Majah dan Ahmad dari Abdullah bin
Amr r.a.dan hadits
riwayat Imam Bukhari dari Hakim bin Hiram r.a.
1.3 Memahami ayat-ayat al-Qur`an dan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dluafa pada Surah al-Furqân [25]: 67, al-Isrâ’[17]: 26–27,
29–30, al-Qashash
[28]: 79–82; Surah al-Baqarah[2]: 177, Surah al-Mâ‘ûn [10]: 1–7 dan
hadits riwayat
Ibnu Majah
dan Ahmad
dari Abdullah bin
Amr r.a. dan
hadits riwayat Imam Bukhari dari Hakim bin Hiram r.a.
1.4 Menghafal dan mengartikan per kata ayat-ayat al-Qur`an
dan hadits tentang pola
hidup sederhana dan perintah menyantuni para dlu`afâ` pada Surah al-Furqân [25]: 67, al-Isrâ’[17]: 26–27,
29–30, al-Qashash [28]: 79–82; Surah
al-Baqarah[2]: 177, Surah al-Mâ‘ûn
[10]: 1–7 dan hadits riwayat Ibnu
Majah dan Ahmad dari Abdullah bin
Amr r.a. dan hadits riwayat Imam Bukhari dari Hakim bin Hiram r.a.
C. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu membaca dan
menghafal ayat-ayat dan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah
menyantuni para dlu`afâ’
2. Siswa mampu
menterjemahkan ayat-ayat dan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah
menyantuni para dlu`afâ’
3. Siswa mampu menjelaskan
ayat-ayat dan hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para
dlu`afâ’
4. Siswa mampu mengamalkan
nilai-nilai yang terkandung di dalam ayat-ayat dan hadits tentang pola hidup
sederhana dan perintah menyantuni para dlu`afâ’ dalam kehidupan sehari-hari
5. Siswa mampu mempengaruhi
orang lain untuk mengamalkan ayat-ayat dan hadits tentang pola hidup sederhana
dan perintah menyantuni para dlu`afâ’...............Selanjutnya
Jika menghendaki file ini secara lengkap hubungi kami di 085228182296 atau 085868482296 dengan Bp. suratno
Tidak ada komentar:
Posting Komentar