RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
...............
Kelas/Semester :
X / I
Mata Pelajaran :
Al Hadits
Topik :
Pengertian Ilmu Hadis
Pertemuan ke- :
1-2
Aloksai waktu :
4 X 45 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPENTENSI DASAR
3.1. Memahami
pengertian dan macam-macam ilmu hadis
4.1.
Menunjukkan contoh kitab hadis dirwyah
dan riwwyah
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1. Menjelaskan definisi
ilmu hadis dengan bermacam-macam pendapat.
3.1.2. Mengidentifikasi
macam-macam ilmu hadis.
3.1.3. Menjelaskan kriteria ilmu hadis riwayah dan
ilmu hadis diroyah.
4.1.1. Menunjukkan
contoh kitab hadis riwayah dan kitab hadis diroyah
4.1.2. Mempresentasikan fungsi kitab hadis diroyah dan riwayah.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.
Menjelaskan
definis hadits dari berbagia pendapat
2.
Mengidentifikasi
macam-macam ilmu hadis.
3.
Memahami kriteria ilmu hadis riwayah dan ilmu hadis
diroyah.
4.
Menunjukkan
contoh kitab hadis riwayah dan kitab hadis diroyah
5. Mempresentasikan fungsi kitab hadis diroyah dan riwayah
E.
MATERI POKOK
Pengertian
Ilmu Hadis
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: Saintifik
2. Strategi : CooperativeJigsaw
3.
Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya
|
10
Menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mencermati
pendapat ulama’ dalam mendefinisikan ilmu hadis.
·
Membaca
istilah-istilah hadis dan macam-macam hadis
·
Menyimak
penjelasan tentang ilmu hadis diroyah dan ilmu hadis riwayah.
Menanya
·
Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan tentang identifikasi
pendapat-pendapat ulama.
·
Mengajukan pertanyaan mengenai istilah-istilah,
macam-macam hadis, unsur-unsur hadis, dan macam-macam ilmu hadis.
Eksperimen/explore
·
Secara berkelompok mencari contoh-contoh kitab hadis diroyah dan riwayah
·
Diskusi
membandingkan ilmu hadis diroyah dan ilmu hadis riwayah.
·
Secara
berpasangan mendialogkan tentang ilmu hadis, dan macam-macam ilmu hadis.
Asosiasi
·
Melakukan
koreksi terhadap contoh-contoh kitab hadis yang telah dikumpulkan.
·
Melakukan kritik terhadap pendapat ulama’ tentang
ilmu hadis
·
Menganalisis, tentang fungsi ilmu hadis riwayah
dan ilmu hadis diroyah.
Komunikasi
·
Mendemonstrasikan contoh kitab hadis diroyah dan riwayah.
·
Menyajikan paparan hasil pencarian contoh kitab
hadis diroyah dan riwayah
·
Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang
ilmu hadis diroyah dan riwayah.
·
Menanggapi paparan hasil diskusi tentang ilmu
hadis diroyah dan riwayah
·
Menyusun kesimpulan materi tentang pengertian ilmu
hadis dan macam-macam ilmu hadis
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi pembelajaran
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
·
Buku pedoman
guru mapel Ilmu Hadis
·
Buku pedoman
siswa mapel Ilmu Hadis
·
Kamus
dunia Islam
·
Buku
Sejarah Islam
·
Gambar/
video/ multimedia interaktif
·
Sumber Internet yang relevan dengan konten ajar
I.
PENILAIAN
a.
Tes
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
b.
Non Tes
1.
Lembar pengamatan kerja kelompok
(terlampir)
2.
Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.
Lembar pengamatan sikap (terlampir )
Mengetahui,
Kepala MA
...............................
(
........................................)
NIP. ...................................
|
Klaten, .......................... 20......
Guru mapel
(
................................. )
NIP. ............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar