KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Senin, 22 Desember 2014

RPP SKI X MA KURIKULUM 2013 SMT 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : ...............
Kelas/Semester    : X / 2
Mata Pelajaran     : SKI
Topik                      : Proses lahirnya Khulafaur  Rasyidin
Pertemuan ke-     : 1-2
Aloksai waktu     : 4 X 45 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPENTENSI DASAR
3.1.  Memahami  proses pemilihan Khulafaur Rasyidin
4.1. Menceritakan tentang proses pemilihan Khulafaur Rasyidin
C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1.  Menjelaskan latarbelakang lahirnya khulafaurrasidin
3.1.2.  Mendiskripsikan proses  lahirnya Khulafaur Rasyidin
                      3.1.3.  Mengidentifikasi factor penentu proses lahirnya Khulafaur Rasyidin
                      3.1.4.  Menyimpulakan pengaruh lahirnya Khulafaur Rasyidin
                      4.1.1   Mempresentasikan proses lahirnya Khulafaur Rasyidin

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.      Menjelaskan latarbelakang lahirnya khulafaurrasidin
2.      Mendiskripsikan proses  lahirnya Khulafaur Rasyidin
3.      Mengidentifikasi factor penentu proses lahirnya Khulafaur Rasyidin
4.      Menyimpulakan pengaruh lahirnya Khulafaur Rasyidin
5.      Mempresentasikan proses lahirnya Khulafaur Rasyidin

E.     MATERI POKOK
Proses lahirnya Khulafaur Rasyidin

F.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan: Saintifik
2.      Strategi      : CooperativeJigsaw
3.      Metode      : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DISKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tanya jawab materi sebelumnya

10 Menit
Inti
Mengamati
 Mencermati pendapat tentang
Khulafaur Rasyidin
 Membaca teks tentang
Khulafaur Rasyidin
 Menyimak penjelasan tentang
Khulafaur Rasyidin
Menanya
 Dengan dimotivasi guru  siswa mengajukan pertanyaan Khulafaur Rasyidin
 Mengajukan pertanyaan actual mengenai  pengaruh Khulafaur Rasyidin
Eksperimen/explore
    Secara berkelompok mencari informasi Khulafaur Rasyidin
 Diskusi membandingkan pendapat tentang pendapat- pendapat tentang Khulafaur Rasyidin
 Secara berpasangan mendialogkan proses Khulafaur Rasyidin
Asosiasi
 Menganalisis, tentang Khulafaur
Rasyidin
 Melakukan kritik terhadap
Khulafaur Rasyidin
Komunikasi
 Menyajikan paparan hasil analisis   Khulafaur Rasyidin
-          Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang Khulafaur Rasyidin
 Menanggapi paparan hasil diskusi tentang          Khulafaur Rasyidin
 Menyusun kesimpulan materi tentang proses lahirnya Khulafaur Rasyidin

65 menit
Penutup
·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi yang sedang dibahas.
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Mengucapkan salam

15 menit



H.    SUMBER DAN ALAT BELAJAR
Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA, Kemenag RI,2014
Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA, Kemenag RI,2014
Al-Quran danTerjamahanya
Buku penunjang lainnya  yang relevan
Media cetak dan elektronik sesuai materi
Lingkungan sekitar yang mendukung

I.       PENILAIAN
a.    Tes
                       1.          Uraian
                       2.          Pilihan Ganda

b.    Non Tes
1.         Lembar pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2.         Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.         Lembar pengamatan sikap (terlampir )


Mengetahui,
Kepala MA ...............................


( ........................................)
NIP. ...................................

Klaten,  .......................... 20......
Guru mapel SKI


( ................................. )
NIP. ............................



























PENSKORAN

Penskoran
No.
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik yang mengerjakan dengan lengkap dan benar Uraian setiap nomer skore 20
Nilai = Jumlah Skore x 5             N = 20 x 5 = 100
100



Lampiaran Lembar Pengamatan

Rubrik kegiatan Diskusi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Kerja sama
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
Toleransi
Keaktifan
Menghargai pendapat teman









































Keterangan Skor :                                          
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                   = Baik Sekali
3                   = Baik
2                   = Cukup
1                   = Kurang

                           Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                           Skor Maksimal (20)              
                          
          Kriteria Nilai
          A  =                80 – 100             :                             Baik Sekali  
          B  =                70 – 79               :                             Baik
          C  =                60 – 69               :                             Cukup
          D  =                ‹ 60                     :                             Kurang





Rubrik Penilaian Presentasi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n i l a i a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Komuni
kasi
Sistematika penyam
Paian
Wawa
san
Keberanian
Antusias
Gesture dan penampilan













































Keterangan Skor :                                          
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                   = Baik Sekali
3                   = Baik
2                   = Cukup
1                   = Kurang

                           Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                           Skor Maksimal (20)

Kriteria Nilai
          A  =                80 – 100             :                             Baik Sekali  
          B  =                70 – 79               :                             Baik
          C  =                60 – 69               :                             Cukup
          D  =                ‹ 60                     :                             Kurang

Rubrik Penilaian Sikap

No.

Nilai Sikap/Karakter yang Diamati
Kondisi yang Dicapai
Ya
Belum
A
Sikap Ketuhanan
Kemampuan menghargai hasil budaya sebagai karunia Tuhan YME.


B.
Sikap Sosial



1. Jujur
2. Tanggung Jawab
3. Ketepatan Waktu
4. Kerjasama



 Nb. Untuk mendapatkan file ini secara lengkap silahkan hubungi kami 

        di No Hp. 085228182296 atau 085868482296

Tidak ada komentar: