KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Minggu, 21 Desember 2014

RPP AL QUR'AN HADITS X MA KURIKULUM 2013 SMT 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : ...............
Kelas/Semester    : X / 2
Mata Pelajaran     : Al Qur’an Hadits
                        Topik                    : Macam- macam sunah (qauliyah,
filiyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap           Al- Qur’an
Pertemuan ke-     : 5-6
Aloksai waktu     : 4 X 45 menit

.             A. KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPENTENSI DASAR
3.3  Mengidentifikasikan macam-macam sunah (qauliyah, filiyah,
taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap Al-Quran
        4.3 Mempresentasikankan contoh macam-macam sunnah (qauliyah, filiyah, taqririyah,
dan hammiyah)

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.3.1.  Menjelaskan pengertian sunnah qauliyah
3.3.2    Menjelaskan pengertian sunnah filiyah
           3.3.3    Mendeskripsikan pengertian sunnah taqririyah
3.3.4     Menerangkan pengertian sunnah hammiyah
  3.3.5.   Menerangkan fungsi sunnah terhadap al Qur’an.
4.3.1.    Mempresentasikan contoh macam- macam sunnah

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.      Menjelaskan pengertian sunnah qauliyah
2.      Menjelaskan pengertian sunnah filiyah
3.      Mendeskripsikan pengertian sunnah taqririyah
4.      Menerangkan pengertian sunnah hammiyah
5.      Menerangkan fungsi sunnah terhadap al Qur’an.
6.      Mempresentasikan contoh macam- macam sunnah

E.     MATERI POKOK
Macam- macam sunah (qauliyah,
filiyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap  Al- Qur’an

F.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan: Saintifik
2.      Strategi      : CooperativeJigsaw
3.      Metode      : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DISKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tanya jawab materi sebelumnya mengenai macam-macam sunnah


10 Menit
Inti
Mengamati
Mengamati ilustrasi gambar yang terdapat pada pada buku
siswa.
Mendengar uraian guru tentang macam-macam sunah (qauliyah, filiyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap Al-Qur’an.


Menanya
     Menanyakan beberapa macam- macam sunah (qauliyah, fi‘liyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap Al-Quran.
     Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
     Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru tentang macam-macam sunah
dan hammiyah) dan fungsinya terhadap Al-Qur’an.


Mengeksplorasi
 Menentukan sumber informasi berkaitan dengan macam-macam sunah (qauliyah, filiyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap Al-Quran.
Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang macam-macam sunah dan fungsinya terhadap Al-Quran.


Mengasosiasikan
     Mencari hubungan antara macam-macam sunnah dan fungsinya dengan aspek sosial budaya dalam kehidupan masyarakat
     Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan macam- macam sunah (qauliyah, fi‘liyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya terhadap Al-Quran.


Mengkomunikasikan
 Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
      Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang macam-macam sunah (qauliyah, filiyah, taqririyah, dan hammiyah) dan fungsinya

65 menit
Penutup
·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi macam-macam sunnah
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Mengucapkan salam

15 menit



H.    SUMBER DAN ALAT BELAJAR

Buku Pedoman Guru Mapel Al-Quran Hadis MA
Buku Pegangan Siswa Mapel Al-Quran Hadis MA Al-Quran dan Terjamahanya
Buku Penunjang Lainnya Yang

I.       PENILAIAN
a.    Tes
                       1.          Uraian
                       2.          Pilihan Ganda

b.    Non Tes
1.         Lembar pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2.         Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.         Lembar pengamatan sikap (terlampir )


Mengetahui,
Kepala MA ...............................


( ........................................)
NIP. ...................................

Klaten,  .......................... 20......
Guru mapel Al Qur’an Hadits


( ................................. )
NIP. ............................








PENSKORAN

Penskoran
No.
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik yang mengerjakan dengan lengkap dan benar Uraian setiap nomer skore 20
Nilai = Jumlah Skore x 5             N = 20 x 5 = 100
100



Lampiaran Lembar Pengamatan

Rubrik kegiatan Diskusi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Kerja sama
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
Toleransi
Keaktifan
Menghargai pendapat teman









































Keterangan Skor :                                          
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                   = Baik Sekali
3                   = Baik
2                   = Cukup
1                   = Kurang

                           Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                           Skor Maksimal (20)              
                          
          Kriteria Nilai
          A  =                80 – 100             :                             Baik Sekali  
          B  =                70 – 79               :                             Baik
          C  =                60 – 69               :                             Cukup
          D  =                ‹ 60                     :                             Kurang





Rubrik Penilaian Presentasi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n i l a i a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Komuni
kasi
Sistematika penyam
Paian
Wawa
san
Keberanian
Antusias
Gesture dan penampilan













































Keterangan Skor :                                          
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                   = Baik Sekali
3                   = Baik
2                   = Cukup
1                   = Kurang

                           Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                           Skor Maksimal (20)

Kriteria Nilai
          A  =                80 – 100             :                             Baik Sekali  
          B  =                70 – 79               :                             Baik
          C  =                60 – 69               :                             Cukup
          D  =                ‹ 60                     :                             Kurang

Rubrik Penilaian Sikap

No.

Nilai Sikap/Karakter yang Diamati
Kondisi yang Dicapai
Ya
Belum
A
Sikap Ketuhanan
Kemampuan menghargai hasil budaya sebagai karunia Tuhan YME.


B.
Sikap Sosial



1. Jujur
2. Tanggung Jawab
3. Ketepatan Waktu
4. Kerjasama



 Nb. Untuk mendapatkan filenya secara lengkap prota, promes, silabus,      rpp, dan penilaiannya, 
silahkan hubungi kami di no hp. 085228182296 atau 085868482296


Tidak ada komentar: