KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Minggu, 14 September 2014

RPP SKI MA KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : ...............
Kelas/Semester    : X / I
Mata Pelajaran     : SKI
Topik                    : Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam
Pertemuan ke-     : 1-2
Aloksai waktu     : 4 X 45 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     KOMPENTENSI DASAR
3.1. Memahami  kondisi Masyarakat Mekah sebelum Islam
4.1. Menceritakan kondisi masyarakat Mekah sebelum Islam
C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1.  Menjelaskan keadaan bangsa Arab sebelum Islam
3.1.2.  Menyebutkan sesembahan Masyarakat Makkah sebelum Islam
3.1.3.  Menjelaskan budaya masyarakat Makkah sebelum Islam
3.1.4.  Mendiskripsikan keadaan masyarakat Makkah sebelum Islah.
4.1.1   Menceritkan kondisi Bangsa Arab sebelum Islam

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.      Menjelaskan keadaan bangsa Arab sebelum Islam
2.      Menyebutkan sesembahan Masyarakat Makkah sebelum Islam
3.      Menjelaskan budaya masyarakat Makkah sebelum Islam
4.      Mendiskripsikan keadaan masyarakat Makkah sebelum Islah.
5.      Menceritkan kondisi Bangsa Arab sebelum Islam

E.     MATERI POKOK
Kondisi Masyarakat Makkah sebelum Islam

F.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan: Saintifik
2.      Strategi      : CooperativeJigsaw
3.      Metode      : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DISKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tanya jawab materi sebelumnya

10 Menit
Inti
Mengamati
Mengamati gambar orang yang berhubungan kepercayaan Bangsa Arab sebelum Islam
Menyimak penjelasan singkat dari guru tentang kondisi Bangsa Arab sebelum Islam

Menanya
     Memberi komentar atau menanya terhadap gambar yang diamati.
     Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai pertanyaan temannya
     Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari siswa.

Mengeksplorasi
 Menentukan sumber informasi berkaitan dengan peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.
 Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk media cetak dan elektronik tentang peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam

 Mengasosiasikan
     Merumuskan kembali hasil temuan dari beberapa sumber belajar mengenai peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.
     Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.

Mengkomunikasikan
 Mempresentasikan kesimpulan yang telah dirumuskan berkaitan dengan peradaban Masyarakat Mekah  sebelum Islam.
 Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya tentang peradaban Masyarakat Mekah sebelum Islam

65 menit
Penutup
·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi kehidupan masyarakat Makkah sebelum Islam.
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Mengucapkan salam

15 menit


H.    SUMBER DAN ALAT BELAJAR
Buku Pedoman Guru Mapel SKI MA, Kemenag RI,2014
Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA, Kemenag RI,2014
Al-Quran danTerjamahanya
Buku penunjang lainnya  yang relevan
Media cetak dan elektronik sesuai materi
Lingkungan sekitar yang mendukung

I.       PENILAIAN
a.    Tes
                       1.          Uraian
                       2.          Pilihan Ganda

b.    Non Tes
1.         Lembar pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2.         Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.         Lembar pengamatan sikap (terlampir )


Mengetahui,
Kepala MA ...............................


( ........................................)
NIP. ...................................

Klaten,  .......................... 20......
Guru mapel SKI


( ................................. )
NIP. ............................


Untuk mendapatkan file ini secara lengkap prota, promes, silabus, rpp, dan format penilaiannya, 

silahkan hubungi kami di no hp. 085228182296 atau 085868482296  dengan ba. suratno, S Pd

1 komentar:

Anonim mengatakan...

siip