RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
...........................
Mata Pelajaran :
Sosiologi
Kelas/semester : X/ 1
Standar Kompetensi : 1.
Memahami perilaku keteraturan
hidup sesuai dengan nilai dan
norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar : 1.
1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai
ilmu yang mengkaji
hubungan masyarakat dan lingkungan.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
·
Mendefinisikan
sosiologi sebagai ilmu dan metode
·
Mendeskpripsikan
hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.
·
Mengidentifikasi data tentang
realitas sosial masyarakat
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit (3 X Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.
menjelaskan
dengan kata-kata sendiri pengertian
tentang sosiologi, objek sosiologi dan tujuan sosiologi.
2.
menjelaskan
sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan
3.
mendeskrispsikan
sejarah perkembangan sosiologi.
4.
menjelaskan
kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
5.
mendeskripsikan
peran sosiolog dalam masyarakat.
Karakter siswa yang diharapkan :
§
Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air,
Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Kepemimpinan,
Percaya diri, Berorientasi Tugas dan Hasil, Jujur, Ulet.
B. Materi Pembelajaran
1. Hakikat
sosiologi
2. Sosiologi
sebagai ilmu pengetahuan
3. Sejarah
Perkembangan sosiologi dan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
C. Metode Pembelajaran
- Informasi
- kerja mandiri
- eksplorasi
- Diskusi
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Menjelaskan
fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan
lingkungan
|
· Secara berkelompok mendiskusikan konsep dasar dan
metode sosiologi.
· Secara berkelompok mendiskusikan masalah yang dihadapi
dalam kehidupan sehari-hari tentang hubungan berbagai konsep realitas sosial.
· Secara individu menggali informasi melalui media massa
tentang realitas sosial masyarakat
|
·
Siswa
dapat Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode
·
Siswa
dapat Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat.
|
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan 1.
No.
|
Kegiatan Pembelajaran |
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
1.
|
Pendahuluan
b.
Apresepsi
Kelas dipersiapkan seperti absensi, kebersihan kelas,
dan ketenangan.
c.
Memotivasi
Siswa diberi penjelasan tentang pokok bahasan,
pengertian, contoh, pemahaman materi
yang akan dipelajari.
d.
Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan akhir
dari pembelajaran materi pada hari itu.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat sosiologi, sosiologi
sebagai ilmu, sejarah perkembangan sosiologi. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa
Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai,
Peduli social, Tanggung Jawab.);
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam
buku halaman 10, 12, dan 16. (nilai
yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, Siswa:
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat,);
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Cinta Tanah Air,
Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
30 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Akhir
Mengadakan post test. (nilai yang ditanamkan: Toleransi, Demokratis, Rasa
Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah Air, Cinta Damai,
Peduli social, Tanggung Jawab.);
Guru memberi tugas mengumpulkan artikel yang
berhubungan dengan masalah-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Toleransi,
Demokratis, Rasa Ingin tahu, Semangat kebangsaan, Bersahabat, Cinta Tanah
Air, Cinta Damai, Peduli social, Tanggung Jawab.);
|
10 menit
|
|
JIKA
MENGHENDAKI PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LENGKAP, BISA HUBUNGI 085868482296, 085228182296
Tidak ada komentar:
Posting Komentar