Selasa, 01 Mei 2012

RPP BERKARAKTER QUR'AN HADITS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  MAN KLATEN
Mata Pelajaran              :  AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester            :  X / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran

A.   Standar Kompetensi:
1.      Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya

B.   Kompetensi  Dasar
1.2    Membuktikan keautentikan al-Qur’an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi :
§  Menjelaskan pengertian mukjizat menurut  Bahasa dan istilah
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an berdasarkan  bukti-bukti al-Qur’an sendiri.
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari sejarah turun sampai pembukuannya.
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari segi keindahan dan ketelitian redaksinya
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari aspek pemberitaan gaibnya
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an aspek isyarat ilmiahnya

Nilai Karakter Bangsa
v  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
v  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
v  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
v  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
v  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
§  Menjelaskan pengertian mukjizat menurut  Bahasa dan istilah
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an berdasarkan  bukti-bukti al-Qur’an sendiri.
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari sejarah turun sampai pembukuannya.
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari segi keindahan dan ketelitian redaksinya
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari aspek pemberitaan gaibnya
§  Menjelaskan keautentikan al-Qur’an aspek isyarat ilmiahnya

E.   Materi Pembelajaran :
§  Bukti keautentikan al-Qur’an ditinjau dari:
     Bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri
     Buki-bukti kesejarahan
§  Bukti kebenaran al-Qur’an, ditinjau dari tiga aspek:
     aspek keindahan dan ketelitian redaksi-redaksinya
     aspek pemberitaan gaibnya
     Aspek isyarat ilmiahnya.

F.    Metode Pembelajaran
§  Model       :  Kooperatif Learning (Small Group Discussion)
§  Metode     : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

G.   Langkah Pembelajaran :
v  Pendahuluaan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an.

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Guru menanyakan tujuan dan manfaat mempelajari al-Qur’an

v  Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§  Siswa diagi beberapa kelompok.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§  Semua kelmpok membaca literatur untuk menemukan pemahaman tentang keautentikan al-Qur’an
§  Memperhatikan tayangan melalui media audio visual tentang kemukjizatan al-Quir’an sambil mencatat inti materi
§  Tanya jawab tentang pengertian mukjizat.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Mendiskusikan masalah   keautentikan al-Qur’an ditinjau dari bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri
     buki-bukti    kesejarahan
     Bukti kebenaran al-Qur’an.
§  Menyimpulkan hasil diskusi kelompok


v  Penutup
§  Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk memperbanyak membaca al-Qur’an. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.);
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.);
§  Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
§  Guru bersama siswa mengumandangkan syair/do’a senandung Al-Qur’an secara khidmat. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.);

H.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa.
§  Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
§  Depag, al-Qur'an dan Tafsirnya
§  Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
§  Muhammad Ali Ash-Shabuuny,Studi Ilmu al-Qur'an
§  Muhammad Amin Suma, Sudi ilmu-ilmu al-Qur'an
§  Muhammad bin Alawi al-Maliki Al-Hasni, Zubdah al-Itqan fi 'Ulum al-Qur'an
§  M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an
§  TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu Al-Qur’an

I.      Penilaian :
v  Penilaian  Proses
v  Penilaian Hasil
§  Jenis Tagihan:
     Tes Tulis
     Tugas
§  Bentuk instrumen
     Tes Subyektif
     Tugas Individual 

 
JIKA MENGHENDAKI PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LENGKAP, BISA HUBUNGI 085868482296, 085228182296


Tidak ada komentar: