Selasa, 28 Agustus 2012

RPP BERKARAKTER SKI MA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]
NAMA MADRASAH     :  MA ..................
MATA PELAJARAN     :  Sejarah Kebudayaan Islam
KELAS / SEMESTER    :  XI [SEBELAS] / I [GANJIL]
ALOKASI WAKTU       :  1 JAM PELAJARAN [ 1 X 40 Menit ]
Standar Kompetensi           :     Memahami Keteladanan dakwah Rasulullah dalam membina umat
Kompetansi Dasar             :     Menceriterakan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah     dan Madinah.   
Indikator Hasil Belajar      :
Setelah proses pembelajaran siswa mampu :
1.1.1        Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah SAW pada periode Makkah.
1.1.2        Mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah pada periode Madinah.
1.1.3        Menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah SAW pada periode Makkah.
1.1.4        Menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah pada periode Madinah.
1.1.5        Menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Makkah.
 1.1.6    Menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Madinah.
I.        Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu :
1.       mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah saw pada periode Makkah
2.       mengidentifikasi ciri-ciri masyarakat yang dihadapi Rasulullah saw pada periode Madinah
3.       menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah saw pada periode Makkah
4.       menjelaskan sejarah dakwah Rasulullah saw pada periode Madinah
5.       menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Makkah
6.       menunjukkan pengaruh dakwah Rasulullah SAW terhadap umat pada periode Madinah
II. Materi Ajar
1.   Sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Makkah dan Madinah.
2.   Substansi dan strategi dakwah Nabi Muhammad SAW pada periode Makkah dan Madinah.
III.  Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Active Debate
- Tanya Jawab
IV.  Langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Pendahuluan
1.      Membuka dengan salam
2.      Presensi
3.      Guru memberi motivasi pada peserta didik
B. Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
a.       Guru menjelaskan tentang dakwah Nabi Muhammad Saw di Mekah dan di madinah
b.      Siswa mengkaji referensi tentang dakwah Nabi Muhammad saw di Mekah dan di Madinah
      2. Elaborasi
a. Siswa berdiskusi bersama kelompoknya tentang strategi dakwah Rasulullah saw, dibanding       dengan dakwah masa sekarang.
b. Siswa menjelaskan cara berdakwah Nabi Muhammad saw pada awal kenabiannya.
3. Konfirmasi
a.       Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar
b.      Guru memberi post test untuk mengetahui daya serap materi
c.       Guru memberi tugas rumah berupa pengerjaan LKS
Karakter bangsa : tanggung jawab, disiplin, kerjasama, religius, saling menghargai
V.     Alat/Bahan/Sumber Belajar
a.       Buku Sejarah Kebudayaan Islam klas XI, penerbit Toha Putra, Semarang
b.      Buku Sejarah Kebudayaan Islam klas XI, penerbit Wicaksana
c.       Buku Sejarah Kebudayaan Islam klas XI, penerbit Departeman Agama
d.      LKS SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
e.       LCD
f.       Laptop

VI. Penilaian
a.       Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
No

ITEM  SOAL

Bobot

Catatan

01
Jelaskan  sejarah awal dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah?
3

02
Siapakah yang menjadi sasaran dakwah Rasulullah di Makkah dan Madinah
3

03
Sebutkan isi blokade ekonomi yang dilakukan orang kafir
4


b.      Afektif [ Pengamatan Minat dan Sikap]
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian Afektif
Jumlah Skor
Nilai
Catatan
Respon
Disiplin
Kerja Sama
Tuntas Tugas
01








02








03








c. Kunci Jawaban kognitif :

  1. Sejak Rasulullah saw menerima wahyu Al-Muddatsir yang memerintahkan berdakwah beliau lakukan dakwah itu dengan cara sembunyi sembunyi selama 13 tahun kemudian Rasulullah menerima wahyu Al-Hijr ayat 94 yang memerintahkan untuk berdakwah secara terang-terangan.
  2. Yang menjadi sasaran dakwah di Makkah adalah pertama unsur keluarga terdekat, kemudian sahabat dan seterusnya adalah orang orang Quraisy, untuk sasaran dakwah di Madinah adalah kalangan orang orang Anshor dan penduduk di madinah termasuk orang orang Yahudi.
  3. Isi blokade adalah a) memutuskan hubungan dengan seluruh keluarga Nabi saw dari keturunan bani Hasyim dan bani Muthalib b) dilarang kawin atau dikawini oleh keluarga tersebut  c) dilarang jual beli dengan keluarga tersebut.
d. Pedoman Penskoran
1.      Untuk Kognitif penskorannya didasarkan pada hasil jawaban siswa, jika benar semua 10 Contoh Mahmudah untuk soal 1 dapat nilai 2, soal 2 dapat nilai 2 dan soal 3 dapat nilai 2 maka Muhammad Fadli mendapat total nilai 6jika nilainya dijadikan ratuan maka tinggal mengalikan 10 maka nilainya menjadi 60. ( menyesuaikan dari jumlah soal dan skornya )
2.      Untuk Afektif nilai 1 = sangat kurang, 2 = kurang/jarang, 3 = cukup. 4 = baik/sering dan 5  = sangat baik/sangat sering total nilainya 20 dengan kriteria sebagai berikut :
0 – 4     = Sangat kurang (SK)
5 – 8     = Kurang/jarang (K)
9 – 12   = Cukup (C)
13 – 16 = Baik/sering (B)
17 – 20 = Sangat baik/sangat sering (A)

Klaten, 10 Juli 2012

Mengetahui
Kepala Madrasah


 ..................
NIP.  ..................
Penyusun
Guru Mata pelajaran


..........................
                      NIP. -


JIKA MENGHENDAKI SECARA LENGKAP SILAHKAN HUBUNGI NO INI, 085228182296, 085868482296 DGN BP. SURATNO



Tidak ada komentar: