RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
...............
Kelas/Semester :
XI/ I
Mata Pelajaran :
Al Qur’an Hadits
Topik :
Mematuhi dan menghormati orang tua dan guru
Pertemuan ke- :
1-2
Aloksai waktu :
4 X 45 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPENTENSI DASAR
3.1. Memahami ayat-ayatAl-Qur’an tentang
perilaku hormat dan
patuh kepada orang tua dan guru pada Surah Al-Isra’ (17): 23–24;Surah Luqman (31):13–17;
hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah hadis riwayat
Al-Bukhari dan Muslim
dari Abdullah bin Amru.
4.1. Menghafalkan ayat-ayat
Al-Qur’an tentang
perilaku hormat dan
patuh kepada orang tua dan guru pada Surah Al-Isra’ (17): 23–24;Surah Luqman (31):13–17;
hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah hadis riwayat
Al-Bukhari dan Muslim
dari Abdullah bin Amru.
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1. Membaca
QS. Al-Isra’ (17): 23–24;Surah Luqman (31):13–17;
hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah hadis riwayat
Al-Bukhari dan Muslim
dari Abdullah bin Amru
tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua.
3.1.2.
Menyebutkan makna mufradat QS. Al-Isra’ (17): 23–24;Surah Luqman (31):13–17; hadis
riwayat Muslim dari Abu Hurairah hadis riwayat
Al-Bukhari dan Muslim
dari Abdullah bin Amru
tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua.
3.1.3.
Menjelaskan
kandungan QS. Al-Isra’ (17): 23–24;Surah Luqman (31):13–17;
hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah hadis riwayat
Al-Bukhari dan Muslim
dari Abdullah bin Amru
tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua.
4.1.1 Menunjukan perilaku hormat dan patuh kepada orang
tua dan guru.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
melakukan pengamatan, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan
mengkomunikasikan diharapkan peserta didik dapat :
1. Membaca
QS. Al-Isra’ (17): 23–24;Surah Luqman (31):13–17;
hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah hadis riwayat
Al-Bukhari dan Muslim
dari Abdullah bin Amru
tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua.
2.
Menyebutkan makna mufradat QS. Al-Isra’ (17): 23–24;Surah Luqman (31):13–17; hadis
riwayat Muslim dari Abu Hurairah hadis riwayat
Al-Bukhari dan Muslim
dari Abdullah bin Amru
tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua.
3.
Menjelaskan kandungan QS. Al-Isra’ (17): 23–24;Surah Luqman (31):13–17; hadis
riwayat Muslim dari Abu Hurairah hadis riwayat
Al-Bukhari dan Muslim
dari Abdullah bin Amru
tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua.
4.
Menunjukan perilaku hormat dan patuh kepada orang
tua dan guru
E.
MATERI POKOK
ü Ayat-ayat Al-Qur’an tentang perilaku
hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru pada Surah Al-
Isra’ (17): 23–24; Surah Luqman (31):13–17; hadis
riwayat Muslim dari Abu Hurairah hadis riwayat
Al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah
bin
Amru
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: Saintifik
2. Strategi : CooperativeJigsaw
3.
Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya mengenai yang akan
dibahas
|
10
Menit
|
Inti
|
Mengamati
· Membaca salah satu ayat dan hadis yang berkaitan dengan perilaku hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru
· Mengamati gambar yang terkait dengan salah satu perilaku
hormat dan patuh kepada orang
tua dan guru
· Mendengar uraian guru tentang perilaku hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru
Menanya
· Menanyakan beberapa
pertanyaan terkait dengan
perilaku hormat dan patuh
kepada orang tua dan guru
· Memberi tanggapan atas pertanyaan yang diajukan guru atau teman sejawat
· Mengungkapkan pendapat atau komentar atas penjelasan guru
tentangperilaku hormat dan
patuh kepada orang tua dan
guru
Mengeksplorasi
· Menentukan sumber informasi berkaitan dengan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
· Mengumpulkan data dari berbagai sumber termasuk
media cetak dan elektronik
tentang perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru
Mengasosiasikan
· Mencari hubungan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru dengan aspek
sosial budaya dalam kehidupan
masyarakat
· Menganalisis hasil temuannya berkaitan dengan
hormat dan patuh kepada orang tua dan
guru
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan kesimpulan berdasarkan hasil temuan atau wawancara di lapangan
· Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuan tentang hormat dan patuh kepada orang tua dan guru.
· Membimbing penerimaan nilai-nilai yang terkait dengan
mujahadah al-nafs, husnuzan
dan ukhuwah
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
15
menit
|
H.
PENILAIAN
a.
Tes
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
b.
Non Tes
1.
Lembar pengamatan kerja kelompok
(terlampir)
2.
Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.
Lembar pengamatan sikap (terlampir )
Penilaian
Pengetahuan
1. jelaskan
arti dari QS al Israa ayat 23 !
2. sebutkan
ciri-ciri orang musyrik !
3. jelaskan
pengertaian birrul-walidain !
4. jelaskan
jenis-jenis hadits
5. jelaskan
implementasi perilaku hormat kepada orang tua !
PENSKORAN
Penskoran
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta
didik yang mengerjakan dengan lengkap dan benar Uraian setiap nomer skore 20
Nilai
= Jumlah Skore x 5 N = 20 x
5 = 100
|
100
|
Penilaian Ketrampilan
Rubrik Penilaian Presentasi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n i l a i a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
|||||
Komuni
kasi
|
Sistematika
penyam
Paian
|
Wawa
san
|
Keberanian
|
Antusias
|
Gesture dan
penampilan
|
|||||
Keterangan
Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1
= Kurang
∑
Skor perolehan
Nilai =
X 100
Skor
Maksimal
(20)
Kriteria
Nilai
A = 80
– 100 : Baik Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60
– 69 : Cukup
D = ‹
60 : Kurang
Penilaian
Sikap
No.
|
Nilai Sikap/Karakter yang Diamati
|
Kondisi yang Dicapai
|
|
Ya
|
Belum
|
||
A
|
Sikap Ketuhanan
Kemampuan menghargai hasil budaya sebagai karunia
Tuhan YME.
|
||
B.
|
Sikap Sosial
|
||
1.
Jujur
2.
Tanggung Jawab
3.
Ketepatan Waktu
4.
Kerjasama
|
I.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Al-Qur’an Hadis MA
Kemenag RI, 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Al-Qur’an Hadis
MA
Kemenag RI
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjangb
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
Mengetahui,
Kepala MA
...............................
(
........................................)
NIP. ...................................
|
Klaten, .......................... 20......
Guru mapel Al Qur’an Hadits
(
................................. )
NIP. ............................
|
Nb. Bapak ibu yang menginginkan filenya lengkap prota, promes, silabus, rpp, penilaian
silahkan hubungi saya no hp. 085228182296 atau 085868482296
Tidak ada komentar:
Posting Komentar