RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
...............
Kelas/Semester :
VIII / 1
Mata Pelajaran :
SKI
Topik :
Sejarah Berdirinya Dinasti Abbasiyah
Pertemuan ke- :
1-2
Aloksai waktu :
2 X 40 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPENTENSI DASAR
1.1 Menghayati upaya
Dinasti Bani Abbasyiah mendirikan Daulah merupakan bagian dari perkembangan kebudayaan Islam.
1.2 Menghargai nilai-nilai positif
dari khalifah Dinasti Bani Abbasyiah yang menonjol
2.3 Menghargai keteladanan yang berupa ketekunan dan
kegigihan khalifah Dinasti Bani
Abbasyiah yang terkenal.
3.1
Memahami
latar belakang berdirinya Dinasti Bani Abbasyiah
4.1 Menceritakan silsilah
kekhalifahan Dinasti Abbasyiah.
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.2.1Mengelompokkan nilai-nilai positif yang bisa diteladani dari ketekunan
dan kegigihan para tokoh Dinasti Abbasiyah
2.3.1 Mendemonstrasikan ketekunan dan kegigihan para
tokoh Dinasti Abbasiyah yang terkenal
2.3.2 Mengubah perilaku nilai-nilai negatif ke nilai-nilai
positif yang bisa diteladani dari ketekunan dan kegigihan para tokoh Dinasti
Abbasiyah
3.1.1 Menjelaskan Sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
3.1.2 Mengidentifikasi faktor pendukung sejarah berdirinya
Dinasti Abbasiyah
3.1.3 Menyebutkan proses terbentuknya sejarah Dinasti
Abbasiyah
4.1.1
Menampilkan
tokoh-tokoh yang berperan dalam sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
4.1.2. Menyebutkan silsilah kekhalifahan Dinasti Abbasiyah.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah proses mengamati, menanya, mengeksplorasi dan men
gkomunikasikan, peserta didik mampu:
1.
Menghayati upaya Dinasti Bani
Abbasyiah mendirikan Daulah merupakan
bagian dari perkembangan kebudayaan Islam
2. Menghargai nilai-nilai positif
dari khalifah Dinasti Bani
Abbasyiah
2.
yang
menonjol
3. Menghargai keteladanan yang
berupa ketekunan dan kegigihan khalifah Dinasti
Bani Abbasyiah yang terkenal.
4.
Memahami latar belakang berdirinya Dinasti
Bani Abbasyiah
5.
5. Menceritakan silsilah
kekhalifahan Dinasti Abbasyiah.
E.
MATERI POKOK
ü
Sejarah
Berdirinya Dinasti Abbasiyah
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: Saintifik
2. Strategi : CooperativeJigsaw
3.
Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
-
Guru memeriksa kehadiran,kerapihan
berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Guru mengajak peserta didik berfikir
kesejarahan dengan cara berfikir imajinatif, yaitu membayangkan sesuatu
pristiwa yang pernah ada dan benar-benar terjadi, dibantu dengan menyajikan
berbagai media/alatperaga/alat bantu, termasuk gambar-gambar, peta,
video/film, internet atau multimedia
berbasis ICT lainnya.
|
10
Menit
|
Inti
|
Mengamati
-
Menyimakpenjelasan guru tentang sejarah
berdirinya Dinasti
Abbasiyah.
-
Membaca buku tentang sejarah
berdirinya Dinasti
Abbasiyah.
Menanya
-
Memberikan
tanggapan/ respon terhadap penjelasan guru tentang sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
-
Mengajukan pertanyaan tentang sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyah.
Mengeksplorasi
-
Mendiskusikan tentang sejarah
berdirinya Dinasti
Abbasiyah.
-
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab berdirinya Dinasti
Abbasiyah.
-
Menyebutkan tokoh tokoh yang
berperan dalam
sejarah berdirinya
Abbasiyah.
Mengasosiasi
-
Menyimpulkan sejarah berdirinya
Dinasti Abbasiyah.
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan hasil diskusi tentang sejarah
berdirinya Dinasti Abbasiyah.
-
Menceritakan silsilah
kekhalifahan Dinasti Abbasiyah
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi pembahasan.
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Buku
Pedoman
Guru mapel
SKI Kls VIII Kemenag
• Buku
Pegangan
siswa mapel
SKI Kls VIII Kemenag
• Kitab Al-
Quran dan terjamahanya
• Buku ensiklopedi atau buku referensi lain
• Multimedia
interaktif dan
internet
I.
PENILAIAN
a.
Tes
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
b.
Non Tes
1.
Lembar pengamatan kerja kelompok
(terlampir)
2.
Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.
Lembar pengamatan sikap (terlampir )
Mengetahui,
Kepala M Ts
...............................
(
........................................)
NIP. ...................................
|
Klaten, .......................... 20......
Guru mapel SKI
(
................................. )
NIP. ............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar