RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
...............
Kelas/Semester :
XI/ 2
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam
Topik :
Proses lahirnya dan fase-fase pemerintahan Bani Abbasyiyyah
Pertemuan ke- :
1-3
Aloksai waktu :
6 X 45 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPENTENSI DASAR
3.1. Menganalisis proses lahirnya Bani
Abbasiyah di
Bagdad
3.2. Mengklasifikasi
fase-fase
pemerintahan Bani
Abbasiyah di
Bagdad
4.1. Menceritakan
proses berdirinya Bani Abbasiyah
4.2. Membuat sinopsis
tentang fase pemerintahan dinasti Bani Abbasiyah
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1.
Menjelaskan
proses lahirnya Bani Abbasyiyah
3.2.1.
Mengidentifikasi
fase-fase pemerintahan bani Abasyiyah
4.1.1 Menggambarkan fase-fase kemajuan pemerintahan bani Abbasyiyah
4.2.1
Menjabarkan fase lemahnya pemerintahan bani Abbasyiyah
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
melakukan pengamatan, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan
mengkomunikasikan diharapkan peserta didik dapat :
1. Menjelaskan
proses lahirnya Bani Abbasyiyah
2. Mengidentifikasi
fase-fase pemerintahan bani Abbasyiya
3. Menggambarkan
fase-fase kemajuan pemerintahan bani Abbasyiyah
4. Menjabarkan fase lemahnya pemerintahan bani Abbasyiyah
E.
MATERI POKOK
ü Proses
lahirnya dan fase-fase pemerintahan Bani Abbasyiyyah
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: Saintifik
2. Strategi : CooperativeJigsaw
3.
Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
1
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya mengenai yang akan
dibahas
|
10
Menit
|
Inti
|
· Mengamati
- Mencermati bacaan teks tentang proses lahirnya Bani Abbasiyah di Bagdad,
- Meyimak penjelasan materi
tersebut di atas melalui
tayangan video
atau media
lainnya.
· Menanya (memberi stimulusagar peserta didik bertanya)
- Bagaimana gambaran
peradaban Islam pada masa pemerintahan Bani Abbasiyah.
- Bagaimana proses lahirnya Bani Abbasiyah di Bagdad
· Mengumpulkan data/eksplorasi
- Peserta didik mendiskusikan
proses lahirnya Bani
Abbasiyah di Bagdad
- Guru mengamati perilaku
mulia dari Khalifah Bani
Abbasiyah sebagai implementasi
dari
pemahaman mengenai dinasti
Bani Abbasiyah.
- Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk mengamati sikap bijaksana dalam
kehidupan sehari-hari
sebagai inplementasi
dari
pemahaman mengenai proses
lahirnya Bani Abbasiyah.
· Mengasosiasi
- Membuat kesimpulan tentang proses lahirnya Bani
Abbasiyah di Bagdad
· Mengkomunikasikan
- Mempresentasikan/menyampaikan hasil diskusi tentang proses lahirnya Bani
Abbasiyah di Bagdad
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
15
menit
|
A.
PENILAIAN
a.
Tes
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
b.
Non Tes
1.
Lembar pengamatan kerja kelompok
(terlampir)
2.
Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.
Lembar pengamatan sikap (terlampir )
Penilaian
Pengetahuan
1. Jelaskan
proses lahirnya bani Abasiyah!
2. Jelaskan
fase-fase pemerintahan bani Abbasiyah !
3. Sebutkan
khalifah-khalifah pada masa bani Abbasiyah !
4. Jelaskan
kebijakan-kebijakan bani Abbasiyah !
PENSKORAN
Penskoran
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta
didik yang mengerjakan dengan lengkap dan benar Uraian setiap nomer skore 20
Nilai
= Jumlah Skore x 5 N = 20 x
5 = 100
|
100
|
Penilaian Ketrampilan
Rubrik Penilaian Presentasi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n i l a i a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
|||||
Komuni
kasi
|
Sistematika
penyam
Paian
|
Wawa
san
|
Keberanian
|
Antusias
|
Gesture dan
penampilan
|
|||||
Keterangan
Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1
= Kurang
∑
Skor perolehan
Nilai =
X 100
Skor
Maksimal
(20)
Kriteria
Nilai
A = 80
– 100 : Baik Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60
– 69 : Cukup
D = ‹
60 : Kurang
Penilaian
Sikap
No.
|
Nilai Sikap/Karakter yang Diamati
|
Kondisi yang Dicapai
|
|
Ya
|
Belum
|
||
A
|
Sikap Ketuhanan
Kemampuan menghargai hasil budaya sebagai karunia
Tuhan YME.
|
||
B.
|
Sikap Sosial
|
||
1.
Jujur
2.
Tanggung Jawab
3.
Ketepatan Waktu
4.
Kerjasama
|
B.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
·
Buku Pedoman Guru
Mapel SKI
MA Kemenag RI, 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA Kemenag RI
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjangb
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
Mengetahui,
Kepala MA
...............................
(
........................................)
NIP. ...................................
|
Klaten, .......................... 20......
Guru mapel Sejarah Kebudayaan Islam
(
................................. )
NIP. ............................
|
085868482296 atau 085228182296
Tidak ada komentar:
Posting Komentar