RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
...............
Kelas/Semester :
XI/ I
Mata Pelajaran :
Fikih
Topik : Ketentuan Allah tentang jinayat
dan
hikmahnya
Pertemuan ke- :
1-3
Aloksai waktu :
4 X 45 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPENTENSI DASAR
1.1. Meyakini syariat Islam tentang hukum jinayat
2.1. Menunjukkan sikap adil dan tanggung jawab dalam penerapan
materi hukum jinayat
3.1. Menelaah
ketentuan Allah tentang jinayat dan hikmahnya
4.1. Menunjukkan contoh pelanggaran yang terkena ketentuan jinayat
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1. Menjelaskan dasar hukum larangan
membunuh
3.1.2. Mengklasifikasikan
macam-macam pembunuhan
3.1.3. Menjelaskan hukuman
bagi pembunuh
3.1.4. Menjelaskan dasar hukum
bagi pembunuh
3.1.5. Menjelaskan
hikmah dilarangnya pembunuhan
4.1.1. Mendemonstasikan contoh pelanggaran yang terkena
ketentuan jinayat
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi, mengamati dan membaca
referensi siswa dapat:
1. Menjelaskan
dasar hukum larangan membunuh
2. Mengklasifikasikan
macam-macam pembunuhan
3. Menjelaskan
hukuman bagi pembunuh
4. Menjelaskan
dasar hukum bagi pembunuh
5.
Menjelaskan hikmah dilarangnya
pembunuhan
6. Mendemonstasikan contoh pelanggaran yang terkena
ketentuan jinayat
E.
MATERI POKOK
ü
Ketentuan Allah
tentang jinayat dan hikmahnya
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: Saintifik
2. Strategi : CooperativeJigsaw
3.
Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru mengucapkan salam dan
meminta salahsatu oeserta didik memimpin doa
·
Guru memperkenalkan diri
dilanjutkan dengan mengenal peserta didik melalui absensi
·
Guru mempersiapkan fisik dan psikis
peserta didik melalui senam otak
·
Guru menjelaskan tujuan
mempelajari materi serta kompetensi yang akan dicapai
·
Guru menjelaskan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
·
Guru membentuk kelompok diskusi
|
10
Menit
|
Inti
|
Mengamati :
Ø menyimak penjelasan guru tentang pengertian pembunuhan
Ø mengamati tayangan slide tentang pembunuhan
Ø Membaca ulang materi
Menanya :
Ø memberikan tanggapan hasil penjelasan guru tentang pembunuhan
Ø Melakukan Tanya jawab tentang slide yang belum
difahami terkait pembunuhan
Eksplorasi/eksperimen :
Ø Menggali informasi tentang pembunuhan
Ø Menemukan pengertian pembunuhan
Mengasosiasi :
Ø merumuskan pengertian pembunuhan
Ø memilah dan membandingkan macam macam
pembunuhan
Mengkomunikasikan :
Ø memaparkan secara bergantian di depan kelas.
|
65
menit
|
Penutup
|
Ø
Guru
mengadakan refleksi hasil pembelajaran
Ø
Guru
mengajak peserta didik menyimpulkan bersama materi pembelajaran
Ø
Guru
mengadakan tes baik tulis maupun lisan
Ø
Guru
memberikan pesan-pesan moral terkait dengan sikap keimanan dan sosial
Ø
Guru
memberikan tugas mandiri secara individu
Ø
Guru
menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya
Ø
Guru
mengajak berdoa akhir majlis dilanjutkan dengan salam dan berjabat tangan
·
|
15
menit
|
A.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Buku Pedoman Guru Mapel
Fikih
• Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih
Al-Qur’an dan Terjamahanya
• Buku Penunjang Lainnya Yang
B.
PENILAIAN
a.
Tes
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
b.
Non Tes
1.
Lembar pengamatan kerja kelompok
(terlampir)
2.
Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.
Lembar pengamatan sikap (terlampir )
Mengetahui,
Kepala MA
...............................
( ........................................)
NIP. ...................................
|
Klaten, .......................... 20......
Guru mapel Fikih
(
................................. )
NIP. ............................
|
Nb. jika menghendaki file lengkapnya silahkan hubungi 085228182296 atau 085868482296
Tidak ada komentar:
Posting Komentar