Senin, 01 Oktober 2012

RPP QUR'AN HADITS BERKARAKTER MTS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Madrasah                          :  .......................................................
Mata Pelajaran                 :  Al-Qur’an-Hadist
Kelas                                  :  VII / 1
Standar Kompetensi      :  1.      Memahami Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
Kompetensi Dasar          :  1.1    Menjelaskan pengertian dan fungsi Al-Qur’an dan Hadist

Alokasi Waktu                  : 4 x 40 menit

A.       Tujuan Pembelajaran
§  Mendiskusikan fungsi Al-quran dan Hadist
§  Membuat peta konsep
§  Menentukan statemen tentang sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadist sebagai pedoman hidup
B.       Materi Pembelajaran
§  Pengertian Al-Qur’an
§  Fungsi Al-Qur’an
§  Pengertian Hadist
§  Fungsi Hadist
§  Perbedaan fungsi Al-Qur’an dan Hadist
C.       INDIKATOR
-       Menjelaskan pengertian Al-Qur’an
-       Menjelaskan fungsi Al-Qur’an
-       Menjelaskan pengertian Hadistt
-       Menjelaskan fungsi Al-Hadistt
-       Membedakan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
-       Memilih sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadistt sebagai pedoman hidup
Karakter bangsa :
 Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Nilai kewirausahaan :
Percaya diri (keteguhan hati, optimis). Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik). Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin) ,Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan


D.       Metode Pembelajaran
§  Peta konsep
§  Diskusi
§  Tanya jawab
E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Ü   Kegiatan Pendahuluan

§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat Al-Qur’an

§  Guru mengucapkan salam kepada siswa

§  guru melakukan absensi kepada siswa

§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
Ü   Kegiatan Inti
Ekplorasi :
§    Siswa melakukan tanya jawab tentang Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
§    Guru menyampaikan kompetensi apa yang harus dicapai siswa untuk mempelajari materi Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
Elaborasi :
§    Siswa membentuk kelompok yang terdiri dari 5 siswa
§    Bersama kelompoknya siswa mendiskusikan materi Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
§    Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompoknya kemudian ditempel di depan kelas
§    Hasil pengamatan dan penilaian siswa dipresentasikan
Konfirmasi :
§    Kelompok lain dan guru menilai presentasi pada lembar penilaian
§    Hasil penilaian dikumpulkan ke guru
§    Guru menentukan hasil kerja kelompok terbaik
Ü   Kegiatan Penutup
§    Memberikan refleksi pada siswa
-          Apakah pembelajarannya menarik
-          Materi apa yang telah kita bincangkan
§    Guru mengajukan pertanyaan ulang seputar Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup
. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
F.        Media/ Sumber Belajar
§  Buku paket Al-Qur’an-Hadist kelas 7
§  Buku pedoman guru mp al quran-hadits kls VII MTs
§  Buku al quran-hadits untuk siswa MTs kelas VII
§  Lembar penilaian
§  Lembar pengamatan
G.       Instrumen
Buatlah peta konsep tentang Al-Qur’an dan Al-Hadist sebagai pedoman hidup!
H.       Penilaian 1

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Ø  Menjelaskan pengertian Al-Qur’an
Tes Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan pengertian  Al-Quran
Ø  Menjelaskan fungsi Al-Qur’an
Tulis Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan fungsi  Al-Quran
Ø  Menjelaskan pengertian Hadistt
Tes Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan pengertian hadist
Ø  Menjelaskan fungsi Al-Hadistt
Tes Tulis
Uraian
Ø  Jelaskan fungsi  hadist
Ø  Membedakan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
Tugas kelompok
Tugas kelompok
Ø  Jelaskan perbedaan fungsi Al-Qur’an dan Hadistt
Ø  Memilih sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadistt sebagai pedoman hidup
Skala sikap
Uraian
Ø  Bagimana Memilih sikap untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadistt sebagai pedoman hidup



I.          Penilaian 2

Aspek Yang Dinilai
Skor
1
2
3
Ketepatan peta konsep tentang pengertian Al Quran



Ketepatan peta konsep tentang fungsi Al Quran



Ketepatan peta konsep tentang pengertian Hadist



Ketepatan peta konsep tentang fungsi Hadist




Keterangan Skor :
                        1 : Kurang
                        2 : Cukup
                        3 : Baik



J.        Penilaian 3

Nama Kelompok
Keindahan Peta Konsep
Kelengkapan Peta Konsep
Kerapihan Peta Konsep
Skor
Nilai
1
2
3
1
2
3
1
2
3

















Nilai =  skor yang dicapai   x 100
                         skor maksimal (9)







K.       RubRik Penilaian Diskusi

                        Nama             :
                        Kelompok     :
                        Kelas             :

No
Aspek Penilaian
Indikator
Deskriptor
Skor
Tema
Guru
Total Skor
Nilai

Penalaran
Komunikasi lesan
§  Komunikatif
§  Ketepatan Jawaban
1
1




Komunikasi tulis
§  Mudah dipahami
§  Ketepatan Jawaban
1

2





Mengetahui
Kepala Madrasah





...........................................
NIP.

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi Qur’an Hadits





..........................................
NIP.

3 komentar:

suratno ratno miharjo mengatakan...

pak, saya mau rpp qur'an hadits gimana caranya?

pondok asuh muawwanah kab.kampar mengatakan...

bagaimana saya bisa mendapatkan rpp dan silabu s alquran hadits dari kls 7-9

haryadi tanjung mengatakan...

pimjem ya RPP nya buat tampil di depan kelas