KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Senin, 22 Oktober 2012

RPP QUR'AN HADITS MA BERKARAKTER new


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  ..............................
Mata Pelajaran              :  AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester            :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
1.      Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah

B.   Kompetensi  Dasar
1.3    Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS. An-Nahl 125 ; QS. Asy Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan Hadits tentang kewajiban berdakwah

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi :
§  Menunjukkan perilaku orang melaksanakan dakwah dengan strategi bil hikmah, mau’idhah hasanah, dan mujadalah(dialog) seperti terkandung dalam QS. An-Nahl:125.
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari lingkungan keluarga  seperti terkandung dalam QS. QS. Asy-Syu’ara: 214-216,
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah secara terang-terangan di masyarakat  seperti  terkandung dalam QS Al-Hijr 94-96
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari masalah yang paling sederhana dan kecil di lingkungan keluarga dan masyarakat seperti terkandung dalam hadits tentang kewajiban berdakwah
   
Nilai Karakter Bangsa
v  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
v  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
v  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
v  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
v  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
§  Menunjukkan perilaku orang melaksanakan dakwah dengan strategi bil hikmah, mau’idhah hasanah, dan mujadalah(dialog) seperti terkandung dalam QS. An-Nahl:125.
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari lingkungan keluarga  seperti terkandung dalam QS. QS. Asy-Syu’ara: 214-216,
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah secara terang-terangan di masyarakat  seperti  terkandung dalam QS Al-Hijr 94-96
§  Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan dakwah dimulai dari masalah yang paling sederhana dan kecil di lingkungan keluarga dan masyarakat seperti terkandung dalam hadits tentang kewajiban berdakwah

E.   Materi Pembelajaran :
§  QS. An-Nahl: 125
§  QS. Asy-Syu’ara: 214-216
§  QS Al-Hijr: 94-96
§  hadits tentang kewajiban berda’wah

F.    Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

G.   Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
o   Kegiatan
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§  Siswa dibagi 7 kelompok(sesuai dengan pokok permasalahan yang akan dibahas)
§  Guru menyampaikan beberapa gambaran tentang pribadi orang yang berdakwah.
§  Guru membagikan tugas yang harus diselesaikan masing-masing kelompok dengan permasalahan yang berbeda.
§  Semua siswa memperhatikan tayangan melalui sumber media audio visual atau mengingat kembali tokoh yang diidolakan berdasarkan pengalaman yang pernah dialami/dilihat  di lingkungan masyarakat mengenai perilaku orang yang melaksanakan dakwah
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§  Secara berkelompok berdiskusi mengenai perilaku orang yang melakukan kegiatan untuk dakwah
§  Mengambil kesepakatan untuk memainkan peran cara berdakwah sesuai dengan tugas yang diberikan kepada kelompok
§  Perwakilan dari kelompok secara bergantian dengan kelompok lain memainkan peran seorang da’i.
§  Feed back diberikan kepada pemeran dari kelompok lain
§  Diskusi kelas tentang pengalaman terhadap peran tersebut.
§  Guru memberi ulasan terakhir mengenai inti pembahasan materi
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

  • Penutup
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Guru memberikan tugas. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
§  Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru  dst….. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);

H.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
§  Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak

I.      Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil

Tugas :
Diskusikan dalam kelompokmu mengapa keluarga sebagai obyek pertama dalam berdakwah ?

Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 
Lembar Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal               : …………………………………
Topik diskusi/debat     : …………………………………
No
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik



2
Kerjasama kelompok



3
Hasil tugas



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu






Mengetahui,
Kepala MA ……….



(………………………...……)
NIP/NIK:

…………….. ……..,  20…..
Guru Mapel AL-Qur’an Hadits



(………………………………..)
NIP/NIK:

 



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan      :  ..............................
Mata Pelajaran              :  AL-Qur’an Hadits
Kelas/Semester            :  XII / Ganjil
Alokasi Waktu               : 2 jam pelajaran


A.   Standar Kompetensi:
1.      Memahami ayat-ayat al Qur’an dan al Hadits tentang kewajiban berda’wah

B.   Kompetensi  Dasar
1.4    Menerapkan strategi berdakwah seperti yang terkandung dalam QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96; dan hadits tentang berda’wah dalam kehidupan sehari-hari

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi :
§  Melaksanakan dakwah secara bijaksana.
§  Melaksanakan dakwah bil hal dengan berakhlak mulia.
§  Melaksanakan dakwah billisan(dengan memberikan taushiyah)
§  Melaksanakan dakwah bil maal(shodaqah secara spontanitas secara ikhlas meskipun sedikit)
§  Melaksanakan dakwah bil af’al(menjadi penggerak’memprakarsai kegiatan) sosial yang bermanfaat.
§  Mengubah perilaku pribadi menjadi lebih baik
§  Melaksanakan dakwah dengan tahapan dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat
§  Memerikan ceramah/kultum
   
Nilai Karakter Bangsa
v  Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab.

Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
v  Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
v  Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
v  Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
v  Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.   Tujuan Pembelajaran :
Siswa mampu :
§  Melaksanakan dakwah secara bijaksana.
§  Melaksanakan dakwah bil hal dengan berakhlak mulia.
§  Melaksanakan dakwah billisan(dengan memberikan taushiyah)
§  Melaksanakan dakwah bil maal(shodaqah secara spontanitas secara ikhlas meskipun sedikit)
§  Melaksanakan dakwah bil af’al(menjadi penggerak’memprakarsai kegiatan) sosial yang bermanfaat.
§  Mengubah perilaku pribadi menjadi lebih baik
§  Melaksanakan dakwah dengan tahapan dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat
§  Memerikan ceramah/kultum

E.   Materi Pembelajaran :
§  QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah

F.    Metode Pembelajaran
§  Model : Kooperatif Learning (Non Threatening Role Playing/Permainan ganti peran yang tidak menegangkan)
§  Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi/bermain peran, Refleksi

G.   Langkah Pembelajaran :
o   Pendahuluaan
§  Siswa membaca do’a dilanjutkan membaca beberapa ayat yang terkait dengan materi.
§  Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§  Tanya jawab secara klassikal pelaksanaan dakwah
o   Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
§  Menerapkan strategi berdakwah seperti yang terkandung dalam QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96; dan hadits tentang berda’wah dalam kehidupan sehari-hari
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
§  Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari   QS. An-Nahl: 125; QS. Asy-Syu’ara: 214-216, Al-Hijr: 94-96, dan hadits tentang kewajiban berda’wah
§  Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai kewajiban berdakwah
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
§  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
§  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.

  • Penutup
§  Guru memberikan tugas mengerjakan soal yang telah disiapkan. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Guru memberikan tugas. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);
§  Refleksi/Aplikasi Quantum. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi.);
§  Guru bersama siswa mengumandangkan sya’ir Thala’al Badru  dst….. (nilai yang ditanamkan: Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,);

H.   Sumber Belajar :
§  Buku pelajaran siswa
§  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§  Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
§  Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§  Referensi perpustakaan
§  Internet
§  Lingkungan sosial
§  Media audio visual
§  Media cetak

I.      Penilaian
o   Penilaian  Proses
o   Penilaian Hasil

Lembar portofolio
Ada beberapa pelaksanaan dakwah sehingga para dai dapat melaksanakannya ssuai dengan kemampuan. Isilah kolom dibawah ini dan cara melaksanakannya !

No
Cara berdakwah
Contoh pelaksanaan
1

2

3

4

5

6


Bil Hikmah

Bil Lisan

Bil hal

Bil mal

Bil af’al

Terang terangan




Mengetahui,
Kepala MA ……….



(………………………...……)
NIP/NIK:

…………….. ……..,  20…..
Guru Mapel AL-Qur’an Hadits



(………………………………..)
NIP/NIK:


JIKA BAPAK/IBU MENGHENDAKI FILE INI SECARA LENGKAP DAPAT MENGHUBUNGI Bp. SURATNO, SPD DI NO. 0858228182296 ATAU 085868482296

Tidak ada komentar: