Selasa, 28 Agustus 2012

RPP BERKARAKTER SKI XII MA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
Nama Madarsah                     :  MA .................
Mata Pelajaran                      :  SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Kelas / Semester                     :  XII/ Gasal
Pertemuan Ke                         :  1 (satu)
Alokasi Waktu                                    :  1 x 40 menit ( 1 kali tatap muka )
Standar Kompetensi (5)         :
Memahami perkembangan Islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang)
Kompetensi Dasar (5.1)         :
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang)
Indikator                                 :
5.1.1 Menyebutkan negara-negara Islam yang pernah dijajah barat
5.1.2 Menjelaskan motivasi bangsa barat menjajah negara-negara Islam
5.1.3 Menjelaskan bahaya penjajahan bangsa barat di bidang ekonomi politik dan sosial
I. Tujuan Pembelajaran         :
Peserta didik mampu         :
  1. Menyebutkan negara-negara Islam yang pernah dijajah barat
  2. Menunjukkan motivasi bangsa barat menjajah negara-negara Islam
  3. Menunjukkan bahaya penjajahan bangsa barat di bidang ekonomi politik dan sosial
II. Materi Ajar                                   :
Perkembangan Islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang)
III.Metode                              :
     1. Model Pembelajaran
                 Direc Instruction ( DI )
                 Kooparatif learning
                 Berdasarkan masalah
     2. Metode   :
                 Ceramah
                 Diskusi
                 Inquiri
IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
No
Kegiatan
Alokasi Waktu
1
Kegiatan Awal :
           Apersepsi
           Memotivasi peserta didik
10 menit
2
Kegiatan Inti
Elaborasi:
           Menjelaskan masuknya Imperialisme barat ke negara-negara Islam
Eksplorasi :
           Membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok menurut kebutuhan
           Membagi materi pada masing-masing kelompok
           Diskusi tentang perkembangan Islam pada masa modern
           Mempresentasikan hasil diskusi
Konfirmasi :
           Memberi penguatan materi
70 menit
3
Kegiatan Akhir
           Membimbing peserta didik untuk menyimpulkan hasil diskusi
           Penugasan
Karakter : kerja sama, tanggung jawab, disiplin, saling menghargai, religius
10 menit
Alokasi waktu
90 menit




  1. Pertemuan Pertama
A. Kegiatan Awal        :
     Memberikan salam pembuka
     Memotivasi peserta didik dengan mengajukan pertanyaan; Kapan Islam masuk ke Indonesia ?
B. Kegiatan Inti            :
     Tanya jawab proses masuknya Islam ke Indonesia
     Memberikan ilustrasi tentang proses masuknya Islam ke Indonesia
     Guru membimbing peserta didik dalam membuat peta konsep tentang proses masuknya Islam ke Indonesia & pengaruh Islam thd peradaban bangsa Ind.
     Peserta didik menulis dan menyusun dalam bentuk gambar, serta menghububgkan konsep-konsep dengan garis dan memberi label tentang proses masuknya Islam ke Indonesia dan pengaruh Islam terhadap peradaban bangsa Indonesia.
     Guru mempersilahkan peserta didik untuk menjelaskan proses masuknya Islam ke Indonesia, pengaruh Islam terhadap peradaban bangsa Indonesia.
C. Kegiatan Akhir
     Mengajak peserta didik untuk membuat kesimpulan
     Mempersilakan peserta didik mengerjakan soal-soal latihan tentang sejarah
     Memberikan salam penutup.
  1. Pertemuan Kedua
A. Kegiatan Awal        :
     Memberikan salam pembuka
     Memotivasi peserta didik dan apersepsi
- Secara klasikal guru memberi pertanyaan, sebutkan  kerajaan-kerajaan Islam awal di Indonesia
B. Kegiatan Inti            :
     Melalui diskusi, guru memberikan informasi tentang kerajaan-kerajaan Islam awal di Indonesia dan peninggalan-peninggalan kerajaan Islam .
     Melalui kerja kelompok,peserta didik diberitugas mencari tentang kerajaan-kerajaan Islam awal di Indonesia dan peninggalan-peninggalan kerajaan awal Islam di Indonesia
     Guru mempersilahkan setiap kelompok untuk menyebutkan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia
     Guru menunjukan setiap kelompok untuk membacakan peninggalan-peninggalan kerajaan Islam awal di Indonesia
C. Kegiatan Akhir
     Guru mengajak peserta didik untuk membuat kesimpulan tentang. tentang kerajaan-kerajaan Islam awal di Indonesia dan peninggalan-peninggalan kerajaan Islam .
     Guru memberikan tugas di rumah untuk mengerjakan soal-soal latihan tentang kerajaan-kerajaan Islam awal di Indonesia dan peninggalan-peninggalan kerajaan awal Islam di Indonesia
     Memberikan salam penutup.
V. Sarana & Sumber Belajar :
           Ensiklopedi Islam
           N. Abbas Wahid,S.Ag, Khazanah Sejarah Kebudayaan Islam,Untuk kls XII MA, Tiga serangkai.
           SPI Dirasah Islamiyah II oleh, Dr. Badri Yatim, MA
           Buku Paket SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM yang relevan
           LCD
           Laptop
           Inernet
VI. Penilaian Hasil Belajar
1. Jenis Tagihan           :
            - Tugas kelompok
            - Ulangan harian
2. Bentuk Instrumen:
            - Lembar pengamatan
            - Tes subyektif
            - Isian dan Pilihan Ganda
3. Contoh Instrumen:
            Tes Isian:
Soal     :  Jelaskan waktu masuknya Islam ke Indonesia !
Kunci   :
1.      Agama Islam masuk  ke wilayah Indonesia pada abad pertama hijriah atau abad ke tujuh Masehi. Dibawa oleh para pedagang Arab .
2.      Agama Islam masuk ke Indonesia, pada pertengahan abad ke-7 Hijrah hal ini dibuktikan dengan kedatangan Abdullah Arief pada tahun 1151 M ke wilayah Aceh.

   Klaten, 10 Juli 2012

Mengetahui
Kepala Madrasah



............................
                           NIP. -
Penyusun
Guru Mata pelajaran



............................
                      NIP. -


JIKA MENGHENDAKI PERANGKAT INI SECARA LENGKAP SILAHKAN HUBUNGI NO INI : 085228182296, 085868482296 DGN BP. SURATNO

Tidak ada komentar: