BAB 1.
HAKIKAT GEOGRAFI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA :
....................................
Mata Pelajaran :
Geografi
Kelas/Semester :
X (sepuluh)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1.
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan Konsep
Geografi
Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Menguraikan konsep geografi
-
Menguraikan perkembangan ilmu geografi
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
-
Mendeskripsikan pengertian geografi dari berbagai pakar
-
Membandingkan perkembangan ilmu geografi dari berbagai aliran
-
Mengidentifikasikan konsep esensial geografi dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
“ Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
“ Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang
lain, inovatif,
B.
Materi Pembelajaran
-
Pengertian geografi
-
Perkembangan ilmu geografi
-
Konsep esensial geografi
C.
Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, life skills,
pemberian tugas
D.
Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-
Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-
Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
-
Buku sumber Geografi SMA – ESIS
-
Buku-buku penunjang yang relevan
-
OHP / Slide Proyektor
-
Internet
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami konsep, pendekatan, prinsip, dan aspek
geografi
|
·
Menguraikan konsep geografi
|
·
Siswa dapat Menguraikan perkembangan ilmu
geografi.
|
E.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
·
Guru memberikan motivasi mengenai materi yang akan diajarkan dan apa
manfaatnya, serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
·
Guru menjelaskan pengertian geografi secara garis besar (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Penugasan secara individu, siswa mencari pengertian geografi dari berbagai
pakar dari situs di www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com.
(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati
contoh pandangan tokoh mengenai pengertian geografi di buku teks (hal 3-4).
(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Bersama-sama (guru dan siswa) membahas perkembangan ilmu geografi dari
berbagai aliran dan pandangan tokoh (hal 3-4). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
·
Bersama-sama mendiskusikan konsep esensial geografi dalam pengajaran
geografi dan penerapannya dalam kehidupan (lihat kolom geografi hal 9). (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, Siswa:
·
Menyimpulkan
tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
·
Menjelaskan tentang
hal-hal yang belum diketahui. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3.
Kegiatan Penutup
A. Bersama-sama menyimpulkan
materi yang telah dibahas, kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
B. Guru memberi tugas individu
untuk membuat ringkasan materi “Hakikat Geografi”. Tugas ini dikumpulkan pada
pertemuan berikutnya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
F.
Penilaian
-
Penilaian untuk tugas karangan mencari pengertian geografi dan pandangan
berbagai pakar mengenai geografi dari situs internet dengan menulis sumber
situs.
-
Penilaian untuk keaktifan siswa dalam berdiskusi mengenai perkembangan ilmu
geografi dan konsep esensial geografi.
Penilaian berdasarkan pada rubrik
penilaian berikut ini.
Rubrik Penilaian Karangan
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pengantar menunjukkan isi
|
|
|
|
|
Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Isi menunjukkan penjelasan dari kutipan/pendapat
tokoh
|
|
|
|
|
Isi disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap
kutipan/pendapat tokoh
|
|
|
|
|
Penutup disajikan dengan bahasa yang baik
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
|
Rubrik Penilaian Diskusi
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
Deskripsi (Alasan)
|
|
Pemahaman materi pembahasan
|
|
|
|
|
Kemampuan melakukan analisis
|
|
|
|
|
Kemampuan menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
Partisipasi dalam diskusi
|
|
|
|
|
Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam
diskusi
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
|
|
|
|
|
Komentar
|
Kriteria Penilaian:
Nilai kualitatif
|
Nilai kuantitatif
|
|
Memuaskan
|
4
|
> 80
|
Baik
|
3
|
68 - 79
|
Cukup
|
2
|
56 - 67
|
Kurang
|
1
|
< 55
|
Mengetahui, ………….,
……………………..
Kepala Sekolah…………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NIK. NIP/NIK.
JIKA
MENGHENDAKI PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LENGKAP, BISA HUBUNGI 085868482296, 085228182296
Tidak ada komentar:
Posting Komentar