RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
...............
Kelas/Semester :
X / I
Mata Pelajaran :
SKI
Topik : Kondisi Masyarakat Makkah sebelum
Islam
Pertemuan ke- :
1-2
Aloksai waktu :
4 X 45 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPENTENSI DASAR
3.1.
Memahami kondisi
Masyarakat Mekah
sebelum Islam
4.1. Menceritakan kondisi masyarakat Mekah
sebelum Islam
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1. Menjelaskan
keadaan bangsa
Arab sebelum Islam
3.1.2.
Menyebutkan
sesembahan Masyarakat
Makkah sebelum Islam
3.1.3.
Menjelaskan
budaya
masyarakat
Makkah sebelum Islam
3.1.4.
Mendiskripsikan
keadaan masyarakat
Makkah sebelum Islah.
4.1.1 Menceritkan kondisi Bangsa Arab sebelum Islam
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.
Menjelaskan
keadaan bangsa
Arab sebelum Islam
2.
Menyebutkan
sesembahan Masyarakat
Makkah sebelum Islam
3.
Menjelaskan
budaya
masyarakat
Makkah sebelum Islam
4.
Mendiskripsikan
keadaan masyarakat
Makkah sebelum Islah.
5.
Menceritkan
kondisi Bangsa Arab sebelum Islam
E.
MATERI POKOK
Kondisi Masyarakat Makkah sebelum
Islam
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: Saintifik
2. Strategi : CooperativeJigsaw
3.
Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya
|
10
Menit
|
Inti
|
Mengamati
• Mengamati gambar orang yang berhubungan kepercayaan
Bangsa Arab sebelum Islam
• Menyimak penjelasan singkat
dari guru tentang kondisi Bangsa Arab sebelum
Islam
Menanya
• Memberi komentar atau menanya terhadap gambar
yang diamati.
• Guru mempersilahkan siswa lain untuk menanggapai
pertanyaan temannya
• Guru memberi tanggapan atas pertanyaan dan tanggapan dari
siswa.
Mengeksplorasi
• Menentukan sumber informasi
berkaitan dengan peradaban
Masyarakat Mekah sebelum
Islam.
• Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber termasuk
media cetak dan elektronik
tentang peradaban Masyarakat
Mekah sebelum Islam
Mengasosiasikan
• Merumuskan kembali hasil
temuan dari beberapa sumber belajar mengenai peradaban
Masyarakat Mekah sebelum
Islam.
• Menganalisis hasil temuannya
berkaitan dengan peradaban Masyarakat Mekah sebelum
Islam.
Mengkomunikasikan
• Mempresentasikan kesimpulan
yang telah dirumuskan
berkaitan dengan peradaban
Masyarakat Mekah sebelum
Islam.
• Menyampaikan hasil belajar atau hasil temuannya tentang
peradaban Masyarakat Mekah
sebelum Islam
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi kehidupan masyarakat Makkah sebelum Islam.
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Buku Pedoman
Guru Mapel SKI MA,
Kemenag RI,2014
• Buku Pegangan Siswa Mapel SKI MA,
Kemenag RI,2014
• Al-Qur’an danTerjamahanya
• Buku
penunjang lainnya yang relevan
• Media cetak
dan
elektronik sesuai materi
• Lingkungan sekitar
yang mendukung
I.
PENILAIAN
a.
Tes
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
b.
Non Tes
1.
Lembar pengamatan kerja kelompok
(terlampir)
2.
Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.
Lembar pengamatan sikap (terlampir )
Mengetahui,
Kepala MA
...............................
( ........................................)
NIP. ...................................
|
Klaten, .......................... 20......
Guru mapel SKI
(
................................. )
NIP. ............................
|
Untuk mendapatkan file ini secara lengkap prota, promes, silabus, rpp, dan format penilaiannya,
silahkan hubungi kami di no hp. 085228182296 atau 085868482296 dengan ba. suratno, S Pd
1 komentar:
siip
Posting Komentar