RENCANA
ELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
...............
Kelas/Semester :
VII / I
Mata Pelajaran :
Al Qur’an Hadits
Topik :
Kedudukan dan fungsi Al-Hadis
sebagai pedoman
hidup umat manusia
Pertemuan ke- :
1-3
Aloksai waktu :
6 X 40 menit
A.
KOMPETENSI INTI
(K1) :
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2) :
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
(K3) : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
(K4) :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
KOMPENTENSI DASAR
3.1 Memahami
kedudukan
Al-Qur’an dan hadis sebagai
pedoman hidup
umat manusia
4.1
Mempraktikkan cara hidup yang
sesuai dengan Al Qur’an dan hadis
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1 Mendefinisikan pengertian al-
Qur’an
3.1.2 Menjelaskan pengertian al-hadis
3.1.3 Mengidentifikasi
fungsi Al-Qur’an
dalam kehidupan
sehari-hari
3.1.4 Menyimpulkan kedudkan al-hadis
sebagai pedoman
hidup
3.1.5 Mendiskripsikan cara efektif memfungsikan Al-
Qur’an dalam kehidupan sehari- hari
4.1.1
Mempresentasikan ciri prilaku hidup
yang sesuai dengan Al-Qur’an dan
hadis
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.
Mendefinisikan
pengertian al-
Qur’an
2.
Menjelaskan
pengertian al-hadis
3.
Mengidentifikasi
fungsi Al-Qur’an
dalam kehidupan
sehari-hari
4.
Menyimpulkan
kedudkan al-hadis
sebagai pedoman
hidup
5.
Mendiskripsikan
cara efektif memfungsikan Al-
Qur’an dalam kehidupan sehari- hari
6.
Mempresentasikan
ciri prilaku
hidup
yang sesuai dengan Al-Qur’an dan
hadis
E.
MATERI POKOK
1.
Kedudukan dan
fungsi Al-Qur’an
sebagai pedoman
hidup umat manusia
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: Saintifik
2. Strategi : CooperativeJigsaw
3.
Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
Ke 1
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya
|
10
Menit
|
Inti
|
Mengamati
• Mengamati
gambar, tayangan
vedio atau
fenomena dalam
kehidupan sehari-hari yang terkait dengan kedudukan dan fungsi Al-Qur’an dan hadis.
Menanya
• Dengan dimotivasi
oleh
guru mengajukan
pertanyaan/pernyataan
yang terkait dengan kedudukan
Al- Qur’an dan hadis
Mengexplorasi
• Secara berkelompok mencari
informasi yang
terkait dengan
pengertian
Al-Qur’an
dan hadis, fungsi Al-Qur’an,
dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
dari berbagai
sumber; buku literatur, jurnal,
ensiklopedi,
media elektronik maupun cetak.
Mengasosiasi
• Mendiskusikan
dan merumuskan hasil pencarian
informasi
tentang pengertian
Al-Qur’an
dan hadis, fungsi Al-Qur’an,
dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup.
• Secara berkelompok melakukan
analisis dan
koreksi
terhadap
hasil
rumusan tentang pengertian Al-Qur’an
dan hadis,
fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan
hadis sebagai pedoman hidup.
• Menyusun
kesimpulan
kandungan ayat dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
• Menyajikan
paparan hasil pencarian informasi tentang
pengertian
Al- Qur’an dan hadis, fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan
hadis sebagai pedoman hidup umat manusia.
• Memberikan
tanggapan papararan
hasil pencarian
informasi tentang pengertian
Al-Qur’an
dan hadis, fungsi, kedudukan
Al-Qur’an, dan
hadis sebagai pedoman hidup
umat
manusia..
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi yang dibahas.
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
10
menit
|
PERTEMUAN
Ke 2
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya
|
10
Menit
|
Inti
|
Mengamati
• Mengamati
gambar, tayangan
vedio atau
fenomena dalam
kehidupan sehari-hari yang terkait dengan kedudukan dan fungsi Al-Qur’an dan hadis.
Menanya
• Dengan dimotivasi
oleh
guru mengajukan
pertanyaan/pernyataan
yang terkait dengan kedudukan
Al- Qur’an dan hadis
Mengexplorasi
• Secara berkelompok mencari
informasi yang
terkait dengan
pengertian
Al-Qur’an
dan hadis, fungsi Al-Qur’an,
dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
dari berbagai
sumber; buku literatur, jurnal,
ensiklopedi,
media elektronik maupun cetak.
Mengasosiasi
• Mendiskusikan
dan merumuskan hasil pencarian
informasi
tentang pengertian
Al-Qur’an
dan hadis, fungsi Al-Qur’an,
dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup.
• Secara berkelompok melakukan
analisis dan
koreksi
terhadap
hasil
rumusan tentang pengertian Al-Qur’an
dan hadis,
fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan
hadis sebagai pedoman hidup.
• Menyusun
kesimpulan
kandungan ayat dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
• Menyajikan
paparan hasil pencarian informasi tentang
pengertian
Al- Qur’an dan hadis, fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan
hadis sebagai pedoman hidup umat manusia.
• Memberikan
tanggapan papararan
hasil pencarian
informasi tentang pengertian
Al-Qur’an
dan hadis, fungsi, kedudukan
Al-Qur’an, dan
hadis sebagai pedoman hidup
umat
manusia..
|
60
menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi yang dibahas.
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
10
menit
|
PERTEMUAN
Ke 3
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya
|
10
Menit
|
Inti
|
Mengamati
• Mengamati
gambar, tayangan
vedio atau
fenomena dalam
kehidupan sehari-hari yang terkait dengan kedudukan dan fungsi Al-Qur’an dan hadis.
Menanya
• Dengan dimotivasi
oleh
guru mengajukan
pertanyaan/pernyataan
yang terkait dengan kedudukan
Al- Qur’an dan hadis
Mengexplorasi
• Secara berkelompok mencari
informasi yang
terkait dengan
pengertian
Al-Qur’an
dan hadis, fungsi Al-Qur’an,
dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup
dari berbagai
sumber; buku literatur, jurnal,
ensiklopedi,
media elektronik maupun cetak.
Mengasosiasi
• Mendiskusikan
dan merumuskan hasil pencarian
informasi
tentang pengertian
Al-Qur’an
dan hadis, fungsi Al-Qur’an,
dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup.
• Secara berkelompok melakukan
analisis dan
koreksi
terhadap
hasil
rumusan tentang pengertian Al-Qur’an
dan hadis,
fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan
hadis sebagai pedoman hidup.
• Menyusun
kesimpulan
kandungan ayat dengan bimbingan guru.
Mengkomunikasikan
• Menyajikan
paparan hasil pencarian informasi tentang
pengertian
Al- Qur’an dan hadis, fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan
hadis sebagai pedoman hidup umat manusia.
• Memberikan
tanggapan papararan
hasil pencarian
informasi tentang pengertian
Al-Qur’an
dan hadis, fungsi, kedudukan
Al-Qur’an, dan
hadis sebagai pedoman hidup
umat
manusia..
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi yang dibahas.
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
15
menit
|
H.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
• Mushaf Al- Qur’an dan
terjemahanya
• Buku pegangan siswa Kemenag
• Buku Pedoman Guru, Kemenag
• Gambar/ video/ multimedia interaktif
• Akses Internet yang sesuai kebutuhan
• Sumber lain yg
menunjang
I.
PENILAIAN
a.
Tes
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
b.
Non Tes
1.
Lembar pengamatan kerja kelompok
(terlampir)
2.
Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.
Lembar pengamatan sikap (terlampir )
Mengetahui,
Kepala M Ts
...............................
(
........................................)
NIP. ...................................
|
Klaten, .......................... 20......
Guru mapel Al Qur’an Hadits
(
................................. )
NIP. ............................
|
Nb. Jika menghendaki filenya rpp ini secara lengkap hubungi kami di no. Hp.
085228182296 atau 085868482296
Tidak ada komentar:
Posting Komentar