KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Senin, 23 Februari 2015

RPP FIKIH KURIKULUM 2013 MTS SMT 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : ...............
Kelas/Semester    : VII/1
Mata Pelajaran     : Fikih
Topik                     : Pengertian najis dan dalilnya
Pertemuan ke-     : 1-2
Aloksai waktu     : 4 X 40 menit

A.    KOMPETENSI INTI
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.     KOMPENTENSI DASAR
3.1. Memahami hadas dan najis dan tata cara menyucikan
4.1. Mendemonstrasi kan tata cara bersuci dari hadas dan najis

C.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1.      Menyebutkan pengertian najis
3.1.2.      Menunjukkan dalil tentang najis
3.1.3  Menjelaskan macam macam najis
3.1.4  Membedakan macam macam najis
3.1.5  Menerapkan tatacara bersuci dari najis
3.1.6  Menyebutkan pengertian hadats
3.1.7  Menunjukkan dalil tentang hadats
3.1.8  Menjelaskan macam macam hadats
3.1.9  Membedakan macam macam hadats
3.1.10 Menerapkan tatacara bersuci hadats
4.1.1    Mendemostrasikan tatacara bersuci dari hadats
4.1.2    Mendemostrasikan tatacara bersuci dari najis

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui diskusi, mengamati dan membaca referensi siswa dapat:
1.      Menyebutkan pengertian najis
2.      Menunjukkan dalil tentang najis
3.      Menjelaskan macam macam najis
4.      Membedakan macam macam najis
5.      Menerapkan tatacara bersuci dari najis
6.      Menyebutkan pengertian hadats
7.      Menunjukkan dalil tentang hadats
8.      Menjelaskan macam macam hadats
9.      Membedakan macam macam hadats
10.  Menerapkan tatacara bersuci hadats
11.  Mendemostrasikan tatacara bersuci dari hadats
12.  Mendemostrasikan tatacara bersuci dari najis

E.     MATERI POKOK
ü  Pengertian najis dan dalilnya
ü  Macam-macam najis dan tata cara bersuci
ü  Pengertian hadats dan dalilnya
ü  Macam-macam hadats dan tata cara bersuci
ü  Alat-alat bersuci dan macam-macam air
ü  Mendemontrasi kan tatacara bersuci dari najis dan hadats
F.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan: Saintifik
2.      Strategi      : CooperativeJigsaw
3.      Metode      : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DISKRIPSI
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tanya jawab materi sebelumnya

10 Menit
Inti
Mengamati
 -    Mengamati  gambar  macam-macam  najis,    mandi berwudhu, tayamum, dan istinjak.
-    Menyimak hasil pengamatan gambarnya
-     Membaca  materi  tentang  pengertian  dan  tatacara bersuci

Menanya
-  Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan
-  Mengajukan pertanyaan terkait tentang bentuk najis dan hadats, serta tatacara bersuci

Eksperimen/explore
-  Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik
-  Mencari data tentang ketentuan hadats dan najis, serta tata cara bersuci
-  Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian

Mengasosiakan
-   Menilai dan menganalisa hasil presentasi kelompok lain
-   Mengidentifikasi ketentuan tata cara bersuci dan perbedaan hadas dengan najis
-   Menganalis hikmah disyariatkannya bersuci dari hadas dan najis
-   Merumuskan hikmah dari kisah tentang adzab bagi yang tidak bersih ketika beristinjak
-   Memotivasi peserta didik agar senantiasa menjaga kebersihan setelah menyimak kisah tersebut
Mengkomunikasikan
-   Mendemonstrasikan tatacara bersuci dari hadats dan najis (wudhu, mandi, tayamum, dan tata cara istinja)
-   Melaksanakan tanya jawab
-   Menyimpulkan materi pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan bersuci
-   Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah
60 menit
Penutup
·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Mengucapkan salam

10 menit


H.    SUMBER DAN ALAT BELAJAR
Buku pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs.
Buku pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa
Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar
Gambar peta konsep sesuai materi
Alat peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar
Akses internet dan multimedia sesuai materi pembelajaran
Lembar observasi dan Lembar penilaian

I.       PENILAIAN
a.    Tes
                       1.          Uraian
                       2.          Pilihan Ganda

b.    Non Tes
1.         Lembar pengamatan kerja kelompok (terlampir)
2.         Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.         Lembar pengamatan sikap (terlampir )


Mengetahui,
Kepala MTS ...............................


( ........................................)
NIP. ...................................

Klaten,  .......................... 20......
Guru mapel Fikih


( ................................. )
NIP. ............................








PENSKORAN

Penskoran
No.
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik yang mengerjakan dengan lengkap dan benar Uraian setiap nomer skore 20
Nilai = Jumlah Skore x 5             N = 20 x 5 = 100
100



Lampiaran Lembar Pengamatan

Rubrik kegiatan Diskusi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n g a m a t a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Kerja sama
Meng-
komunika
sikan pen-dapat
Toleransi
Keaktifan
Menghargai pendapat teman
1









2









3









4









5









6









7









8









9









10









dst










Keterangan Skor :                                          
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                   = Baik Sekali
3                   = Baik
2                   = Cukup
1                   = Kurang

                           Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                           Skor Maksimal (20)              
                          
          Kriteria Nilai
          A  =                80 – 100             :                             Baik Sekali  
          B  =                70 – 79               :                             Baik
          C  =                60 – 69               :                             Cukup
          D  =                ‹ 60                     :                             Kurang





Rubrik Penilaian Presentasi
No.
Nama Siswa
A s p e k  P e n i l a i a n
Jumlah
Skor
Nilai
Ket.
Komuni
kasi
Sistematika penyam
Paian
Wawa
san
Keberanian
Antusias
Gesture dan penampilan
1










2










3










4










5










6










7










8










9










10










dst











Keterangan Skor :                                          
Masing-masing kolom diisi dengan kriteria
4                   = Baik Sekali
3                   = Baik
2                   = Cukup
1                   = Kurang

                           Skor perolehan
Nilai     =                                      X  100
                           Skor Maksimal (20)

Kriteria Nilai
          A  =                80 – 100             :                             Baik Sekali  
          B  =                70 – 79               :                             Baik
          C  =                60 – 69               :                             Cukup
          D  =                ‹ 60                     :                             Kurang

Rubrik Penilaian Sikap

No.

Nilai Sikap/Karakter yang Diamati
Kondisi yang Dicapai
Ya
Belum
A
Sikap Ketuhanan
Kemampuan menghargai hasil budaya sebagai karunia Tuhan YME.


B.
Sikap Sosial



1. Jujur
2. Tanggung Jawab
3. Ketepatan Waktu
4. Kerjasama



 Nb. Jika menghendaki file ini secara lengkap silahkan hubungi kami di no Hp.
        085228182296 atau 085868482296

Tidak ada komentar: