KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Jumat, 22 Agustus 2014

RPP BIOLOGI SMA/MA KURIKULUM 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan          :     Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah           
Mata Pelajaran                :     Biologi
Kelas/Semester                :     X/1
Alokasi Waktu                 :     9 x 45 menit (3 pertemuan x 3 jam pelajaran)

KOMPETENSI INTI:
KI -1      :    Menghargai dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2       :    Mengembangkan perilaku ( jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah ling-kungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3       : Memahami dan me ne rapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4       :    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu meng-gunakan metode, sesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI INTI:
Materi Pokok
Kompetensi Dasar
Indikator
Ruang Lingkup Biologi
1.1.          Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek, dan permasalahan Biologi menurut agama yang dianutnya.

1.      Memahami permasalahan biologi dan memahami kompleksitas ciptaan Tuhan.
2.1     Berperilaku ilmiah ( jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas maupun di luar kelas.
1.   berperilaku ilmiah setiap       melakukan diskusi dan       percobaan.
3.1     Merinci prosedur keselamatan kerja dan biosafety sederhana di laboratorium Biologi secara disiplin dan bertanggung jawab.
1.      Mengurai resiko kecelakaan di laboratorium.
2.      Merinci prosedur keselamatan kerja di laboratorium.
3.      Memahami usaha pertolongan pertama pada kecelakaan di laboratorium.
3.2    Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi berdasarkan objek dan permasalahannya pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
1.     Menjelaskan pengertian dari Biologi.
2.     Mengidentifikasikan objek yang dipelajari dalam Biologi.
3.     Mengidentifikasikan cabang-cabang Biologi.
4.     Mengidentifikasi tingkat organisasi kehidupan.
5.     Menjelaskan peranan Biologi dalam kehidupan.
4.1 Menerapkan prosedur keselamatan kerja di laboratorium dan biosafety sederhana dalam melakukan praktek Biologi di laboratorium secara disiplin, cermat, dan bertanggung jawab.
1.      Menerapkan prosedur keselamatan kerja di laboratorium setiap melakukan percobaan biologi.
4.2 Membuat desain penelitian tentang suatu objek Biologi dan permasalahannya pada tingkat organisasi kehidupan tertentu.
1.      Menyebutkan langkah-langkah dari metode ilmiah.
2.      Menemukan permasalahan biologi dan merancang penelitian untuk menemukan jawaban permasalahan tersebut.
4.3 Melakukan observasi untuk mengidentifikasi objek, permasalahan, produk, dan profesi berbasis Biologi dan menyajikan data hasil observasinya dalam bentuk tabel.
1.      Memberikan contoh masalah Biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan.
2.      Melakukan penelitian sederhana untuk memecahkan masalah-masalah dalam Biologi.

PERTEMUAN I
A.    Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, observasi literatur, tanya jawab dan diskusi, setelah mempelajari unit ini siswa diharapkan mampu:
1.            Memahami risiko bekerja di laboratorium biologi.
2.            Merinci prosedur keselamatan kerja di laboratorium.
3.            Menyebutkan usaha pertolongan pertama pada kecelakaan di laboratorium.
4.            Menguraikan pengertian metode ilmiah.
5.            Menjabarkan langkah-langkah motode ilmiah.
6.            Mengurai kemampuan ilmiah yang dipelajari di bidang biologi.

B.     Materi Pembelajaran
1.            Keamanan dan Keselamatan Kerja di Laboratorium.
2.            Belajar Biologi dengan Metode Ilmiah

C.    Metode Pembelajaran
       Pendekatan umum           : keterampilan proses
       Metode                             : observasi literatur, diskusi, dan eksperimen.

D.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.             Buku  Biology XA.
2.            Gambar dan charta peraturan di laboratorium.
3.            Alat dan Bahan untuk kegiatan Activity 1.1 di halaman 10: Alat tulis, laboratorium sekolah, dan lembar observasi.
4.            Literatur ilmiah.

E.     Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan
a.       Mengkondisikan siswa untuk mulai belajar.
b.      Apersepsi: bertanya jawab tentang topik ruang lingkup biologi. Siswa diminta men-jawab Preview Test.
c.       Menyampaikan inti tujuan pembelajaran tentang resiko pekerjaan di laboratorium dan tahap penelitian ilmiah dan metodenya.

2.      Inti
a.       Membimbing siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)      Memperhatikan gambar mengenai simbol-simbol pada label bahan kimia atau peraturan umum di laboratorium.
2)      Mengamati keadaan laboratorium di sekolah dan melakukan observasi mengenai perlengkapan keselamatan dan pertolongan pertama di sana.
3)      membaca jurnal penelitian sederhana yang dibagikan guru.
                       Pengumpulan Data
1)      Mengerjakan Activity 1.1 dan menuliskan data-data yang dibutuhkan di dalam lembar yang disediakan.
2)      Mengecek keberadaan peraturan di laboratorium  dan pelaksanaan peraturan tersebut. Selain itu, keberadaan perlengkapan sebagai usaha pertolongan pertama pada kecelakaan.
3)      Mengidentifikasi apa saja langkah-langkah penelitian yang terdapat dalam jurnal penelitian tersebut.
Mengasosiasi
1)      Menyimpulkan macam risiko kecelakaan ketika bekerja di laboratorium.
2)      Menyimpulkan beberapa hal yang harus dipahami dan dilaksanakan ketika sedang bekerja di laboratorium.
3)      Menyimpulkan penerapan aturan di laboratorium harus dilakukan setiap kali bekerja di laboratorium.
4)      Menyimpulkan keterkaitan antara setiap tahapan metode dalam penelitian ilmiah.
Mengkomunikasi
1)      Mengkomunikasikan hasil pengamatan Activity 1.1 dalam bentuk laporan.
2)      Menguraikan usaha-usaha pertolongan pertama pada kecelakaan di laboratorium.
3)      Mempresentasikan langkah-langkah ilmiah yang terdapat pada jurnal penelitian yang diteliti.
4)      Menanggapi dan berdiskusi mengenai metode yang digunakan dalam penelitian ilmiah tersebut.
5)      Mengutarakan karakter ilmiah yang akan berkembang dalam diri seorang peneliti.

b.       Mendiskusikan hasil laporan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang bersangkutan.
3.  Penutup
a.       Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
b.      Mendorong siswa untuk selalu disiplin dan peduli lingkungan ketika bekerja untuk ilmu pengetahuan.
c.       Memberikan penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu berkinerja baik.


F. PENILAIAN
1.      Teknik dan bentuk instrumen
Teknik
Bentuk Instrumen
Pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap
Tes unjuk kerja
Tes uji kerja
Tes tertulis
Tes uraian dan pilihan

2.      Contoh instrumen
a.       Lembar pengamatan sikap

No

Aspek yang dinilai
Hasil Penilaian *)
Keterangan
1
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan


2
Memiliki rasa ingin tahu (curiosity)


3
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok


4
Menyampaikan ide, informasi, dan argumentasi


5
Mengajukan pertanyaan


6
Menghargai pendapat orang lain


7
Partisipasi dalam kelompok belajar


8
Kerapihan laporan percobaan


*) 5=sangat baik, 4=baik, 3=cukup,  2=kurang, dan 1=sangat kurang.

b.      Lembar tes unjuk kerja
1)   Pertemuan I
No
Aspek yang dinilai
Hasil Penilaian *)
Keterangan
1
Pemahaman tata tertib di laboratorium


2
Teliti dalam mengamati keadaan laboratorium


3
Terampil dalam mempresentasi hasil pengamatan


*) 5=sangat baik, 4=baik, 3=cukup,  2=kurang, dan 1=sangat kurang.
2)   Pertemuan II
No
Aspek yang dinilai
Hasil Penilaian *)
Keterangan
1
Keterampilan membuat sayatan tipis


2
Keterampilan menggunakan mikroskop


3
Pemahaman prosedur kegiatan


4
Keterampilan mempresentasikan hasil pengamatan


*) 5=sangat baik, 4=baik, 3=cukup,  2=kurang, dan 1=sangat kurang.

Tidak ada komentar: