RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu : 9 x 45 menit (3 pertemuan x 3 jam
pelajaran)
KOMPETENSI
INTI:
KI -1 : Menghargai dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI-2 : Mengembangkan perilaku ( jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah ling-kungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif, dan proaktif) dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3 : Memahami
dan me ne rapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu meng-gunakan metode, sesuai kaidah
keilmuan.
KOMPETENSI INTI:
Materi Pokok
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Ruang Lingkup
Biologi
|
1.1.
Mengagumi, menjaga, melestarikan keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang ruang lingkup, objek, dan permasalahan
Biologi menurut agama yang dianutnya.
|
1.
Memahami permasalahan biologi dan memahami
kompleksitas ciptaan Tuhan.
|
2.1 Berperilaku ilmiah ( jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif, dan proaktif dalam melakukan percobaan dan diskusi di
dalam kelas maupun di luar kelas.
|
1. berperilaku ilmiah setiap melakukan diskusi dan percobaan.
|
|
3.1
Merinci prosedur keselamatan kerja
dan biosafety sederhana di laboratorium Biologi secara disiplin dan
bertanggung jawab.
|
1.
Mengurai resiko kecelakaan di laboratorium.
2.
Merinci prosedur keselamatan kerja di
laboratorium.
3.
Memahami usaha pertolongan pertama pada kecelakaan
di laboratorium.
|
|
3.2
Mengidentifikasi ruang lingkup
Biologi berdasarkan objek dan permasalahannya pada berbagai tingkat
organisasi kehidupan.
|
1. Menjelaskan
pengertian dari Biologi.
2. Mengidentifikasikan
objek yang dipelajari dalam Biologi.
3. Mengidentifikasikan
cabang-cabang Biologi.
4. Mengidentifikasi
tingkat organisasi kehidupan.
5. Menjelaskan
peranan Biologi dalam kehidupan.
|
|
4.1 Menerapkan
prosedur keselamatan kerja di laboratorium dan biosafety sederhana
dalam melakukan praktek Biologi di laboratorium secara disiplin, cermat, dan
bertanggung jawab.
|
1.
Menerapkan prosedur keselamatan kerja di
laboratorium setiap melakukan percobaan biologi.
|
|
4.2 Membuat
desain penelitian tentang suatu objek Biologi dan permasalahannya pada
tingkat organisasi kehidupan tertentu.
|
1.
Menyebutkan langkah-langkah dari metode ilmiah.
2.
Menemukan
permasalahan biologi dan merancang penelitian untuk menemukan jawaban
permasalahan tersebut.
|
|
4.3 Melakukan
observasi untuk mengidentifikasi objek, permasalahan, produk, dan profesi
berbasis Biologi dan menyajikan data hasil observasinya dalam bentuk tabel.
|
1.
Memberikan contoh masalah Biologi pada berbagai
tingkat organisasi kehidupan.
2. Melakukan
penelitian sederhana untuk memecahkan masalah-masalah dalam Biologi.
|
PERTEMUAN I
A.
Tujuan
Melalui kegiatan eksperimen, observasi literatur, tanya jawab dan diskusi, setelah mempelajari unit ini
siswa diharapkan mampu:
1.
Memahami
risiko bekerja di laboratorium biologi.
2.
Merinci prosedur
keselamatan kerja di laboratorium.
3.
Menyebutkan usaha
pertolongan pertama pada kecelakaan di laboratorium.
4.
Menguraikan
pengertian metode ilmiah.
5.
Menjabarkan
langkah-langkah motode ilmiah.
6.
Mengurai
kemampuan ilmiah yang dipelajari di bidang biologi.
B.
Materi
Pembelajaran
1.
Keamanan
dan Keselamatan Kerja di Laboratorium.
2.
Belajar
Biologi dengan Metode Ilmiah
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan umum : keterampilan
proses
Metode :
observasi literatur, diskusi,
dan eksperimen.
D.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
1.
Buku
Biology XA.
2.
Gambar
dan charta peraturan di laboratorium.
3.
Alat
dan Bahan untuk kegiatan Activity 1.1 di halaman 10: Alat tulis, laboratorium
sekolah, dan lembar observasi.
4.
Literatur
ilmiah.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan
a.
Mengkondisikan
siswa untuk mulai belajar.
b.
Apersepsi:
bertanya jawab tentang topik ruang lingkup biologi. Siswa diminta men-jawab Preview
Test.
c.
Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran tentang resiko pekerjaan di laboratorium dan tahap
penelitian ilmiah dan metodenya.
2.
Inti
a.
Membimbing
siswa secara berkelompok untuk
Mengamati
1)
Memperhatikan
gambar mengenai simbol-simbol pada label bahan kimia atau peraturan umum di
laboratorium.
2)
Mengamati
keadaan laboratorium di sekolah dan melakukan observasi mengenai perlengkapan
keselamatan dan pertolongan pertama di sana.
3)
membaca
jurnal penelitian sederhana yang dibagikan guru.
Pengumpulan Data
1)
Mengerjakan
Activity 1.1 dan menuliskan
data-data yang dibutuhkan di dalam lembar yang disediakan.
2)
Mengecek
keberadaan peraturan di laboratorium dan
pelaksanaan peraturan tersebut. Selain itu, keberadaan perlengkapan sebagai
usaha pertolongan pertama pada kecelakaan.
3)
Mengidentifikasi
apa saja langkah-langkah penelitian yang terdapat dalam jurnal penelitian tersebut.
Mengasosiasi
1)
Menyimpulkan
macam risiko kecelakaan ketika bekerja di laboratorium.
2)
Menyimpulkan
beberapa hal yang harus dipahami dan dilaksanakan ketika sedang bekerja di
laboratorium.
3)
Menyimpulkan
penerapan aturan di laboratorium harus dilakukan setiap kali bekerja di
laboratorium.
4)
Menyimpulkan
keterkaitan antara setiap tahapan metode dalam penelitian ilmiah.
Mengkomunikasi
1)
Mengkomunikasikan
hasil pengamatan Activity 1.1 dalam
bentuk laporan.
2)
Menguraikan
usaha-usaha pertolongan pertama pada kecelakaan di laboratorium.
3)
Mempresentasikan
langkah-langkah ilmiah yang terdapat pada jurnal penelitian yang diteliti.
4)
Menanggapi
dan berdiskusi mengenai metode yang digunakan dalam penelitian ilmiah tersebut.
5)
Mengutarakan
karakter ilmiah yang akan berkembang dalam diri seorang peneliti.
b. Mendiskusikan
hasil laporan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya mengenai materi yang
bersangkutan.
3. Penutup
a. Mendorong siswa untuk melakukan, menyimpulkan,
merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang dapat dipetik dari aktivitas hari
ini.
b. Mendorong siswa untuk selalu disiplin dan peduli
lingkungan ketika bekerja untuk ilmu pengetahuan.
c.
Memberikan
penghargaan (pujian dalam lisan atau tulisan) kepada kelompok atau individu
berkinerja baik.
F. PENILAIAN
1. Teknik dan bentuk instrumen
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Pengamatan sikap
|
Lembar pengamatan sikap
|
Tes unjuk kerja
|
Tes uji kerja
|
Tes tertulis
|
Tes uraian dan pilihan
|
2. Contoh instrumen
a. Lembar pengamatan sikap
No |
Aspek yang
dinilai
|
Hasil Penilaian *)
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan
|
|
|
2
|
Memiliki rasa
ingin tahu (curiosity)
|
|
|
3
|
Menunjukkan ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan
bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
|
|
4
|
Menyampaikan ide, informasi, dan argumentasi
|
|
|
5
|
Mengajukan pertanyaan
|
|
|
6
|
Menghargai pendapat orang lain
|
|
|
7
|
Partisipasi dalam kelompok belajar
|
|
|
8
|
Kerapihan laporan percobaan
|
|
|
*) 5=sangat
baik, 4=baik, 3=cukup, 2=kurang, dan
1=sangat kurang.
b. Lembar tes unjuk kerja
1) Pertemuan I
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Hasil Penilaian *)
|
Keterangan
|
1
|
Pemahaman
tata tertib di laboratorium
|
|
|
2
|
Teliti
dalam mengamati keadaan laboratorium
|
|
|
3
|
Terampil
dalam mempresentasi hasil pengamatan
|
|
|
*)
5=sangat baik, 4=baik, 3=cukup,
2=kurang, dan 1=sangat kurang.
2) Pertemuan II
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Hasil Penilaian *)
|
Keterangan
|
1
|
Keterampilan
membuat sayatan tipis
|
|
|
2
|
Keterampilan
menggunakan mikroskop
|
|
|
3
|
Pemahaman
prosedur kegiatan
|
|
|
4
|
Keterampilan
mempresentasikan hasil pengamatan
|
|
|
*)
5=sangat baik, 4=baik, 3=cukup,
2=kurang, dan 1=sangat kurang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar