RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
...............
Kelas/Semester :
XI/ I
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam
Topik :
Pemerintahan Bani Umayah di Damaskus
Pertemuan ke- :
1-3
Aloksai waktu :
6 X 45 menit
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif
dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan baksat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
KOMPENTENSI DASAR
3.1. Menganalisis
proses
lahirnya bani Umayyah di
Damaskus
3.2. Memahami fase-fase
pemerintahan dinasti
bani Umayah di
Damaskus
4.1. Menceritakan proses
berdirinya dinasti bani Umayah
4.2. Membuat sinopsis tentangfase pemerintahan dinasti bani Umayah di Damaskus
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1.
Menjelaskan
proses lahirnya Bani Umayyah
3.2.1.
Mengidentifikasi
fase-fase pemerintahan bani umayyah
4.1.1 Menggambarkan fase-fase kemajuan pemerintahan bani
umayyah
4.2.1
Menjabarkan fase lemahnya pemerintahan bani umayyah
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah
melakukan pengamatan, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan
mengkomunikasikan diharapkan peserta didik dapat :
1.
Menjelaskan proses lahirnya Bani Umayyah
2.
Mengidentifikasi fase-fase pemerintahan
bani umayyah
3. Menggambarkan
fase-fase kemajuan pemerintahan bani umayyah
4. Menjabarkan fase lemahnya pemerintahan bani umayyah
E.
MATERI POKOK
a. Proses berdirinya pemerintahan Bani Umayah
di
Damaskus
b. Fase-fase pemerintahan
c. Berdirinya Dinasti bani
Umayyah Bani Umayah di Damaskus
F.
METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan: Saintifik
2. Strategi : CooperativeJigsaw
3.
Metode :
Ceramah, diskusi, tanya jawab dan penugasan
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
1
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tanya jawab materi sebelumnya mengenai yang akan
dibahas
|
10
Menit
|
Inti
|
· Mengamati
- Mencermati bacaan teks tentang proses
lahirnya bani Umayyah di Damaskus, di Damaskus
- Meyimak penjelasan materi tersebut di atas
melalui
tayangan video atau media lainnya.
· Menanya (memberi stimulus agar peserta didik bertanya)
- Bagaimana gambaran sejarah proses lahirnya
bani
Umayyah di Damaskus.
- Siapakah pendiri dinasti bani Umayah di Damaskus
- Siapakah tokoh yang paling
bijaksana dalam pemerintahan dinasti bani Umayah di
Damaskus
· Mengumpulkan
data/eksplorasi
- Peserta didik mendiskusikan
tentang proses lahirnya
bani
Umayyah di Damaskus, di Damaskus
- Guru mengamati perilaku jujur
dan sabar dalam kehidupan
sehari-hari.
-
Guru berkolaborasi dengan
orang tua untuk mengamati
sikap bijaksana dalam kehidupan sehari-hari sebagai
inplementasi dari pemahaman
mengenai proses lahirnya bani Umayyah di Damaskus dalam
kehidupan sehari-hari di
rumah.
· Mengasosiasi
- Membuat kesimpulan tentang
proses
lahirnya bani Umayyah di Damaskus, di Damaskus.
· Mengkomunikasikan
- Mempresentasikan/menyampaikan hasil diskusitentang proses
lahirnya bani Umayyah di Damaskus, di Damaskus.
|
65
menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
15
menit
|
A.
PENILAIAN
a.
Tes
1.
Uraian
2.
Pilihan Ganda
b.
Non Tes
1.
Lembar pengamatan kerja kelompok
(terlampir)
2.
Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
3.
Lembar pengamatan sikap (terlampir )
Penilaian
Pengetahuan
1. Jelaskan
proses lahirnya bani umayyah!
2. Jelaskan
fase-fase pemerintahan bani umayyah !
3. Sebutkan
khalifah-khalifah pada masa bani umayyah
4. Jelaskan
kebijakan-kebijakan bani umayyah !
PENSKORAN
Penskoran
No.
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skor
|
1
|
Peserta
didik yang mengerjakan dengan lengkap dan benar Uraian setiap nomer skore 20
Nilai
= Jumlah Skore x 5 N = 20 x 5 = 100
|
100
|
Penilaian Ketrampilan
Rubrik Penilaian Presentasi
No.
|
Nama Siswa
|
A s p e k P e n i l a i a n
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
Ket.
|
|||||
Komuni
kasi
|
Sistematika
penyam
Paian
|
Wawa
san
|
Keberanian
|
Antusias
|
Gesture dan
penampilan
|
|||||
Keterangan
Skor :
Masing-masing
kolom diisi dengan kriteria
4 = Baik Sekali
3 = Baik
2 = Cukup
1
= Kurang
∑
Skor perolehan
Nilai =
X 100
Skor
Maksimal
(20)
Kriteria
Nilai
A = 80
– 100 : Baik Sekali
B = 70 – 79 : Baik
C = 60
– 69 : Cukup
D = ‹
60 : Kurang
Penilaian
Sikap
No.
|
Nilai Sikap/Karakter yang Diamati
|
Kondisi yang Dicapai
|
|
Ya
|
Belum
|
||
A
|
Sikap Ketuhanan
Kemampuan menghargai hasil budaya sebagai karunia
Tuhan YME.
|
||
B.
|
Sikap Sosial
|
||
1.
Jujur
2.
Tanggung Jawab
3.
Ketepatan Waktu
4.
Kerjasama
|
B.
SUMBER DAN ALAT BELAJAR
·
Buku Pedoman Guru
Mapel Al-Qur’an Hadis MA
Kemenag RI, 2014
·
Buku Pegangan Siswa Mapel Al-Qur’an Hadis
MA
Kemenag RI
·
Al-Qur’an dan
Terjamahanya
·
Buku Penunjangb
Lainnya Yang Sesuai
·
Media cetak dan elektronik sesuai materi
·
Lingkungan sekitar yang mendukung
Mengetahui,
Kepala MA
...............................
(
........................................)
NIP. ...................................
|
Klaten, .......................... 20......
Guru mapel Sejarah Kebudayaan Islam
(
................................. )
NIP. ............................
|
085868482296 atau 085228182296
Tidak ada komentar:
Posting Komentar