KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Sabtu, 05 November 2016

Benteng Vandenburg Yogyakarta ( XI IPS 2 SMAN 3 KLATEN)

RPP SKI KELAS XII SEMESTER 1 KURIKULUM 2013 MA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : ...............
Kelas/Semester    : XII/1
Mata Pelajaran     : SKI
Topik                     : Sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
Pertemuan ke-     : 1-2
Aloksai waktu     : 4 X 45 Menit

A.    Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural , dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang  kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.    Menghayati nilai-nilai pembaharuan sebagai upaya mengembalikan kemajuan umat Islam
2.1. Terbiasa berpikir kritis sebagai implementasi dari pemahaman terhadap sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia 
3.1.    Menganalisis sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia

4.1.    Menceritakan sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia

Indikator :
·         Siswa dapat menjelaskan tentang pembaharuan dalam Islam
·         Siswa dapat menjelaskan tentang modernisasi Islam di dunia
·         Siswa dapat menyebutkan informasi tentang pembaharuan dalam Islam
·         Siswa dapat menceritakan sejarah pembaharuan dalam Islam
·         Siswa dapat membuat tulisan singkat tentang pembaharuan Islam di dunia pada masa sekarang

C.   Materi Pembelajaran
ü  Sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia

D.   Media Pembelajaran
·         Media   : Multimedia interaktif/CD interaktif/video

E.   Sumber Belajar
·         Al-Qur’an dan Hadits
·         Buku Guru dan Buku Siswa SKI kelas XII MA
·         Buku Pedoman Guru Mapel SKI  Keagamaan Kelas XII MA, Kemenag RI, 2016

F.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
        Pertemuan Pertama
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
·         Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
·         Guru menggunakan metode kooperatif, antara lain  diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting. Artinya, peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar yang dikolaborasi dengan metode demontrasi.


10 menit
2.
Inti
Mengamati
·      Mencermati pendapat tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Membaca teks tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·     Menyimak penjelasan tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia

Menanya
·      Dengan dimotivasi guru  siswa mengajukan pertanyaan tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia 
·      Mengajukan pertanyaan actual mengenai  sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari informasi tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Diskusi membandingkan pendapat tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Secara berpasangan mendialogkan sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia

Asosiasi
·      Menganalisis, tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Melakukan kritik terhadap sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
Komunikasi
·      Menyajikan paparan hasil analisis sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Menanggapi paparan hasil diskusi tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Menyusun kesimpulan materi sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia

60 menit
3.
Penutup
·         Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah mempelajari materi yang telah dipelajari.
·         Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi secara klasikal.
·         Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan hamdalah kemudian mengucapkan salam.


20 menit

        Pertemuan Kedua
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
·         Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
·         Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
·         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
·         Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
·         Guru menggunakan metode kooperatif, antara lain  diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis meeting. Artinya, peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar yang dikolaborasi dengan metode demontrasi.

10 menit
2.
Inti
Mengamati
·      Mencermati pendapat tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Membaca teks tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·     Menyimak penjelasan tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia

Menanya
·      Dengan dimotivasi guru  siswa mengajukan pertanyaan tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia 
·      Mengajukan pertanyaan actual mengenai  sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
Eksperimen/explore
·       Secara berkelompok mencari informasi tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Diskusi membandingkan pendapat tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Secara berpasangan mendialogkan sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia

Asosiasi
·      Menganalisis, tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Melakukan kritik terhadap sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
Komunikasi
·      Menyajikan paparan hasil analisis sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Menunjukkan / memaparkan hasil diskusi tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Menanggapi paparan hasil diskusi tentang sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia
·      Menyusun kesimpulan materi sejarah pembaharuan atau  modernisasi  Islam di dunia

60 menit
3.
Penutup
·         Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah mempelajari materi yang telah dipelajari.
·         Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi secara klasikal.
·         Guru menutup pembelajaran dengan do’a dan hamdalah kemudian mengucapkan salam.


20 menit

G.   Penilaian Hasil Belajar
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan sebagai berikut:

1.  Penilaian sikap dalam mengikuti diskusi:


No

Nama Siswa
Aspek yang dinilai

Jumlah skor
1
2
3
4
5
6
1








2








3








Dst








Keterangan aspek yang dinilai:
1.    Kemampuan menyampaikan informasi/pendapat
2.    Kemampuan memberikan argumen
3.    Kemampuan memberikan kritikan
4.    Kemampuan mengajukan pertanyaan
5.    Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dan benar/baku
6.    Kelancaran berbicara
Cara penyekoran:
  • tidak baik, skor 1
  • baik, skor 2
  • sangat baik, skor 3

2.  Penilaian sikap diri:
Berikanlah ceklis pada kolom yang tersedia sesuai dengan kondisi kalian
Pernyataan ( isi sesuai kondisi siswa )
Ya
Tidak



















                 Pedoman penskoran
Ya :      skor 5 .           Tidak :  skor  0.      
      Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
                           Jumlah Skor Maksimal
3.  Penilaian Mempratekkan

Ceritakan tentang sejarah pembaharuan Islam di dunia yang kamu ketahui!

NO
NAMA SISWA
ASPEK KETERAMPILAN
JMLH
RATA-RATA
1
2
3
4
1







2







3







4







5







………....















skor 4 bila tepat,                                                 skor 3 bila agak tepat,
skor 2 bila tidak tepat, dan                    skor 1 bila sangat tidak tepat.

ASPEK KETERAMPILAN YANG DINILAI :
1.    Bacaan
2.    Gerakan
3.    penhayatan
4.    Kekompakkan kelompok

Nilai = Jumlah nilai skor yang diperoleh x 100
Jumlah skor maksimal
5.    Penilaian Uraian

1.    Jelaskan pengertian pembaharuan/modernisasi bahasa dan istilah!
2.   Jelaskan pelaksanaan pembaharuan Islam di dunia !
3.    Sebutkan sebab-sebab pelaksanaan modernisasi Islam !

No. Soal
Rubrik Penilaian
Skor
1
a.    Jika Peserta didik dapat menuliskan dengan sangat lengkap dan sempurna, skor 4
b.    Jika Peserta didik dapat menuliskan dengan  lengkap, skor 3
c.    Jika Peserta didik dapat menuliskan tidak lengkap, skor 2
4
2
a.  Jika Peserta didik dapat menuliskan dengan sangat lengkap dan sempurna, skor 4
b.  Jika Peserta didik dapat menuliskan dengan  lengkap, skor 3
c.   Jika Peserta didik dapat menuliskan tidak lengkap, skor 2
4
3
a.    Jika Peserta didik dapat menuliskan dengan sangat lengkap dan sempurna, skor 4
b.    Jika Peserta didik dapat menuliskan dengan  lengkap, skor 3
c.    Jika Peserta didik dapat menuliskan tidak lengkap, skor 2
4
4
a.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 5 ayat dengan lengkap,  skor 4
b.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 3 – 4 ayat dengan lengkap, skor 3
c.    Jika Peserta didik dapat menuliskan 1 – 2 ayat dengan lengkap, skor 2
4
5
a.    Jika Peserta didik dapat menuliskan sangat lengkap dan sempurna, skor 4
b.    Jika Peserta didik dapat menuliskan lengkap, skor 3
c.    Jika Peserta didik dapat menuliskan tidak lengkap, skor 2
4

Jumlah Skor
20


6.    Penilaian Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

Buatlah tulisan ilmiah secara berkelompok terkait Carilah cerita/ fenomena dalam masyarakat yang berkaitan dengan dampak pembaharuan dalam Islam!
Kalian bisa konsultasi dengan guru pembimbing yang ditunjuk
Nama siswa/kelompok: ………………   Guru Pembimbing: …………


No

Aspek yang dinilai
Kriteria penilaian
Bobot
Skor
1
2
3
4
1.
Latar belakang masalah




  3

2.
Rumusan masalah




  2

3
Tujuan penulisan




  1

4.
Manfaat penulisan




  1

5.
Tinjauan/kajian pustaka




  4

6.
Pembahasan




  4

7.
Simpulan




  3


Total skor







Pedoman Penskoran
1.  Latar belakang masalah
     Kriteria:    
4 jika menunjukkan pentingnya/aktualnya masalah
3 jika masalah yang diajukan kurang aktual/kurang penting
2 jika masalah yang diajukan tidak aktual/tidak penting
1 jika permasalahan tidak perlu dipecahkan lagi
2.  Rumusan masalah
     Kriteria:   
4 jika dirumuskan dengan jelas dan spesifik
3 jika dirumuskan dengan jelas  tetapi tidak spesifik
2 jika dirumuskan dengan kurang jelas dan tidak spesifik
1 jika tidak dapat dikategorikan sebagai rumusan masalah
3. Perumusan tujuan penulisan
Kriteria:  
4 jika relevan dengan permasalahannya dan perumusannya jelas
3 jika relevan dengan permasalahannya tetapi perumusannya kurang jelas
2 jika kurang relevan dengan permasalahannya
1 jika tidak dirumuskan
4.  Perumusan manfaat penulisan
Kriteria: 
4 jika dirumuskan dengan jelas baik dari segi untuk pengembangan ilmu atau untuk kepentingan praktis
3 jika menunjukkan manfaat dari segi pengembangan ilmu atau untuk kepentingan praktis tetapi perumusannya kurang jelas
2 jika tidak menunjukkan  manfaat dari segi pengembangan ilmu atau untuk kepentingan praktis
1 jika tidak dirumuskan
5. Kajian pustaka
 Kriteria:  
4 jika relevan dengan permasalahannya dan memuat seluruh aspek (teori/hasil penelitian yang ada) secara lengkap
3 jika relevan dengan permasalahannya tetapi tidak memuat seluruh aspek
2 jika kurang relevan dengan permasalahannya
1 jika tidak ada kajian pustaka
6.  Pembahasan
Kriteria:  
4 jika mampu menunjukkan analisis hubungan antar aspek dan disertai dengan teori yang mendukungnya secara lengkap
3 jika mampu menunjukkan analisis hubungan antar aspek tetapi kurang disertai dengan teori yang mendukungnya secara lengkap
2 jika tidak mampu menunjukkan analisis hubungan antar aspek kurang disertai dengan teori yang mendukungnya secara lengkap
1 pembahasan tidak jelas arahnya
7. Simpulan
Kriteria: 
4 jika relevan dengan permasalahan dan hasil pembahasannya
3 jika kurang relevan dengan permasalahan atau hasil pembahasannya
2 jika tidak relevan dengan permasalahan maupun hasil pembahasannya
1 jika tidak ada simpulannya



Rounded Rectangle: Nilaiakhir yang diperoleh oleh peserta didik adalah:
a.	Nilai rata-rata penilaian efektif (nilai sikap dalam diskusi, nilai diri, nilai antar teman)
b.	Nilai psikomotorik (nilai praktek)
c.	Nilai rata-rata penilaian kognitip (nilai pilihan ganda dan nilai uraian), dikali 30
d.	Nilai penugasan maniri tidak terstruktur

Nilaiakhir= nilai a + nilai b + nilai c + nilai d
				4
 










Saran:
Guruharuskreatifmengembangkansoalberikutrubrikdanpenskorannyasesuaidengan kebutuhanpesertadidikdenganmengikutilangkah-langkahyangada.

Mengetahui,
Kepala MA ...............................


( ........................................)
NIP. ...................................

Klaten,  .......................... 20......
Guru mapel SKI


( ................................. )
NIP. ............................