RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
UNIT 1
PENGUKURAN DAN
BESARAN
Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran :
Fisika
Kelas/Semester :
X/I
Alokasi
Waktu : 15 JP x 45 menit (5
minggu)
KOMPETENSI
INTI:
KI -1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3 : Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI-4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
Materi Pembelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Pengukuran dan Besaran
|
1.1
Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
|
1. Menunjukkan rasa syukur terhadap Tuhan YME mengenai ukuran berbagai
objek alam
|
2.1
Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan)
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
|
1. Menunjukkan sikap jujur,
teliti dan tanggung jawab dalam melakukan percobaan
2. Menunjukkan sikap jujur
dalam aktivitas sehari-hari
|
|
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil
percobaan
|
1. Menunjukkan
sikap kerja sama dalam
melakukan perobaan
|
|
3.1
Memahami
hakikat fisika dan prinsip-prinsip pengukuran (ketepatan, ketelitian, dan
aturan angka penting)
|
1. Menyebutkan alat-alat ukur
2. Menjelaskan cara pengukuran
yang benar dengan menggunakan alat ukur
3. Menjelaskan aspek-aspek
pengukuran
4. Mencatat hasil pengukuran
menggunakan angka penting
5. Menghitung operasi-operasi
dalam angka penting
6. Menentukan pengolahan dan
penyajian data
7. Menjelaskan besaran, satuan,
dan dimensi
8. Mengidetifikasi ukuran
berbagai objek alam
|
|
4.1 Menyajikan hasil pengukuran
besaran fisis dengan menggunakan peralatan dan teknik yang tepat untuk suatu
penyelidikan ilmiah
|
1. Mengemukakan hasil percobaan
pengukuran tunggal dan berulang pada berbagai alat ukur
2. Menyajikan hasil
pengolahan dan penyajian data hasil percobaan menggunakan alat ukur
|
PERTEMUAN
I (HARI I ):
a.
Tujuan
Pembelajaran
1)
Menjelaskan
konsep besaran
2)
Menjelaskan
konsep satuan
b.
Materi
Pembelajaran
1) Besaran saruan
c.
Metode
Pembelajaran
Metode : discovery, diskusi
d.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
Sumber: Fácil: Advanced Learning Physics 1A
e.
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
1) Mengkondisikan
siswa untuk belajar dan memotivasi siswa terkait maateri besaran dan satuan fisika melalui contoh penggunaan
konsep dalam kehidupan sehari-hari.
2) Apersepsi:
-
Apakah yang
disebut dengan satuan?
-
Ketika Anda
ditanya mengenai berat badan, satuan apakah yang Anda gunakan?
-
Selain kg untuk satuan dari massa,
satuan dan besaran apa saja yang sering Anda gunakan dalam kehidupan
sehari-hari?
3) Menyampaikan
inti tujuan pembelajaran hari ini, yaitu tentang besaran dan satuan.
2.
Inti
a)
Membimbing siswa secara berkelompok
untuk
Mengamati
(Observing)
1) Menyimak penjelasan tentang definisi besaran.
2) Mengamati perbedaan besaran pokok dan besaran turunan.
3) Menyimak penjelasan tentang definisi satuan
4) Mengamati perbedaan satuan baku dan tidak baku.
Menanya(Questioning)
1) Mampu bertanya tentang dasar penetapan besaran pokok.
2) Mampu bertanya tentang alur terjadinya proses
penetapan satuan, baik satuan dari besaran pokok maupun turunan.
3) Mampu bertanya tentang kriteria satuan baku.
4) Mampu bertanya alasan penetapan sistem metric sebagai
Sistem Internasional.
Pengumpulan Data
(Experimenting)
1) Mengumpulkan data tentang satuan baku yang sering
digunuakan dalam kehidupan sehri-hari
2) Mengumpulkan data tentang satuan tidak baku yang
sering digunuakan dalam kehidupan sehri-hari
Mengasosiasi (Associating)
1)
Membuat daftar
besaran pokok dan besaran turunan
2)
Menyimpulkan
satuan baku dan tidak baku
3)
Menyimpulkan
satuan sistem internasional tujuh besaran pokok.
Mengkomunikasikan (Communicating)
1)
Menjelaskan
tentang definisi besaran pokok dan turunan menggunakan bahasa sendiri, dan
mampu mempertahankan pendapatnya.
2)
Meenjelaskan
kriteria dari satuan baku.
b)
Mendiskusikan dan menyimpulkan mengenai
besaran pokok, besaran turunan, satuan baku, dan satuan tidak baku yang
terdapat dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Penutup
Mendorong
siswa untuk melakukan menyimpulkan, merefleksi, dan menemukan nilai-nilai yang
dapat dipetik dari aktivitas hari ini.
F. PENILAIAN
1.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
·
Pengamatan
Sikap
|
·
Lembar
Pengamatan Sikap dan Rubrik
|
·
Tes
Unjuk Kerja
|
·
Tes
Uji Praktik Kerja dan Rubrik
|
·
Tes
Tertulis
|
·
Tes
Uraian dan Pilihan
|
·
Portofolio
|
·
Panduan
Penyusunan Portofolio
|
2.
Contoh Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Aspek yang
dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan terhadap penunjuk waktu alami.
|
||||
2
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu terhadap materi yang sedang dipelajari
|
||||
3
|
Menunjukkan
sikap objektif dalam mengemukakan pendapat dan
mengambil kesimpulan
|
||||
4
|
Menunjukkan sikap aktif dalam
berdikusi/tanya jawab dan menyelesaikan masalah
|