KAMI SIAP MEMBANTU TEMAN TEMAN GURU DALAM MEMBUAT ADMINISTRASI PEMBELAJARAN

Senin, 04 Februari 2013

SKI kelas XI MA Berkarkter semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN [RPP]

NAMA MADRASAH     :  MA NEGERI
MATA PELAJARAN    :  Sejarah Kebudayaan Islam
KELAS / SEMESTER    :  XI/ Genap
ALOKASI WAKTU       :  1 JAM PELAJARAN [ 1 X 45 Menit ]


Standar Kompetensi         :     Kemampuan mendeskripsikan, mengidentifikasi,  mengevaluasi dan merumuskan gerakan modernisasi dunia Islam, latar belakang dan dampaknya serta mengambil hikmahnya
Kompetansi Dasar            :     Mendeskripsikan gerakan pembaharuan Muhammad Abduh

Indikator Hasil Belajar     :    
Setelah proses pembelajaran siswa Mampu :
o   Menceritakan secara singkat biografi Muhammad Abduh
o   Menjelaskan peranan Muhammad Abduh bidang politik
o   Menjelaskan konsep khilafah Muhammad Abduh
o   Menilai pemikiran pembaharuan Muhammad Abduh
o   Meneladani pemikiran dan gerakan Muhammad Abduh
  • Karakter Bangsa
Kerja sama, disiplin, religius, tanggung jawab, saling menghargai

                       
1.      Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran peserta didik mampu mengenal pemikiran pembaharuan Muhammad Abduh

2.      Meteri Ajar
Gerakan pembaharuan Muhammad Abduh: Tujuan gerakan Syekh Muhammad Abduh adalah terbagi ke dalam empat sasaran pokok berikut  : 1] Pemurnian amal perbuatan umat Islam dari segala bendtuk bid’ah,2] Pembaharuan dalam bidang pendidikan,3] Perumusan kembali ajaran Islam menurut pikiran modern,4] Tangkisan terhadap pengaruh Barat dan Nasrani. Untuk kepentingan gerakan, Syekh Muhammad Abduh telah menulis beberapa buku, antara lain : Risalatut Tawhid,  Al Islam Wan znashraniyah Ma’al Ilmi Wal Madaniyah,

3.      MetodePembelajaran
INDEX CARD MATCH ( Mencari Pasangan ): Ini adalah metode yang cukup menyenangkan yang digunakan untuk mengulang materi yang telah diberikan sebelumnya, sekaligus sebagai metode untuk lebih mendalami materi yang sedang dipelajari. Dengan senang anak akan menemukan pasangannya untuk menggali lebih dalam teori atau konsep yang ada dalam genggamanya.

4.      Langkah Pembelajaran

  1. Kegiatan Awal
a.       Mengamati dan mengarahkan sikap siswa agar siap memulai pelajaran
b.      Mengawali pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
c.       Melakukan tes penjajakan [pre-tes] dan mengidentifikasi keadaan siswa
d.      Mengingatkan pelajaran yang telah diterima dan mengaitkan pada pelajaran baru
e.       Penjelasan singkat tentang tujuan dan proses pembelajaran yang akan dijalani siswa

  1. Kegiatan Inti
a.       Buatlah potongan-potongan kertas sejumlah siswa yang ada dalam kelas
b.      Bagi jumlah kertas-kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama
c.       Tulis perntanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya pada setengah bagian kertas yang telah disiapkan. Setiap kertas berisi satu pertanyaan
d.      Pada separoh kertas yang lain, tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tadi dibuat
e.       Kocoklah semua kertas sehingga akan tercampur antara soal dan jawaban
f.       Beri setiap siswa satu kertas . Jelaskan bahwa ini adalah aktifitas yang dilakukan berpasangan. Separoh siswa akan mendapatkan soal dan separoh yang lain akan mendapatkan jawaban
g.      Minta siswa untuk menemukan pasangan, minta mereka untuk duduk berdekatan. Terangkan juga agar mereka tidak memberi materi yang yang mereka dapatkan kepada teman yang lain
h.      Setelah semua siswa menemukan pasangan dan duduk berdekatan, minta setiap pasangan secara bergantian untuk membacakan soal yang diperoleh dengan keras kepada teman-teman yang lain. Selajutnya soal tersebut dijawab oleh pasangan –pasangan yang lain.
i.        Akhiri proses ini dengan membuat klarifikasi dan kesimpulan.
  1. Kegiatan Akhir
a.       Memberikan penegasan dan menyimpulkan materi ajar yang sudah dipelajari
b.      Memberikan post tes untuk mengetahui hasil pembelajaran
c.       Memberikan tugas mandiri untuk mendalami materi ajar

5.      Alat/Bahan/Sumber Belajar
a.       Lembar peraga yang berisi peta konsep sesuai materi ajar
b.      Lembar peraga yang berisi sketsa penerapan konsep sesuai materi
c.       Buku Ajar / buku paket yang diterbitkan Depag Pusat Jakarta
d.      Buku referensi sesuai dengan mata perlajaran yang diajarkan
e.       Lembar Kegiatan Siswa “HIKMAH” Forum Guru Bina PAI.

6.      Penilaian
a.       Kognitif [Tes Lisan / Tulis]
No

ITEM  SOAL

Bobot

Catatan

01
Ceritakan secara singkat biografi Muhammad Abduh
3

02
Jelaskan peranan Muhammad Abduh bidang politik
4

03
Jelaskan konsep khilafah Muhammad Abduh
4

04
Bagaimana pemikiran pembaharuan Muhammad Abduh
4

05
Jelaskan faktor yang melatarbelakangi gerakan pembaharuan Muhammad Abduh ?
5


b.      Afektif [ Pengamatan Minat dan Sikap]
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian Afektif
Jumlah Skor
Nilai
Catatan
Respon
Disiplin
Kerja Sama
Tuntas Tugas
01








02








03









c.       Psikomotorik [Unjuk Kerja]
No
Nama Siswa
Aspek Penilaian Psikomotorik
Jumlah Skor
Nilai
Catatan Guru
Penguasaan
Sistematika
Kecakapan
Mutu Karya
01








02








03









Mengetahui
Kepala Madrasah


...........................
NIP. ..................................
Penyusun
Guru Mata pelajaran


.........................................
                      NIP. -

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Nama Madarsah                               :  MA NEGERI
Mata Pelajaran                                  :  SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Kelas / Semester                                :  XI/ Genap
Alokasi Waktu                                   :  1x 45 menit ( kali tatap muka )

Standar Kompetensi
·         4. Memahami perkembangan Islam pada periode pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M)

Kompetensi Dasar
·         4.1. Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan 

Indikator 
*      Menjelaskan Perkembangan Islam di bidang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan
*      Mengidentifikasi Tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan Islam di bisang ilmu pengetahuan dan peradaban pada abad pertengahan
*      Karakter Bangsa
Kerja sama, disiplin, religius, tanggung jawab, saling menghargai